Joss! Unair Temukan Sanitizer Non Alkohol

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Kelompok yang terdiri dari 4 Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga berhasil memproduksi hand sanitizer non alkohol yang berasal dari limbah perikanan.

Hand sanitizer yang dinamai “CLUZER” (Chitosan Limbah Kulit Udang Hand Sanitizer) merupakan karya PKM-K Albet Surya Kembara (Budidaya Perairan 2016) selaku ketua kelompok, bersama 3 orang kreatif lainnya yakni Aditya Dwi Saputra (Budidaya Perairan 2016), Vivy Hanum Melati ( Budidaya Perairan 2016), dan Selvi Debi Savia Fitri (Budidaya Perairan 2015).

Hand sanitizer non alkohol karya Albet dan tim ini mempunyai fungsi sebagai antiseptik. Selain itu, keunggulan hand sanitizer ini dibandingkan yang ada dipasaran yaitu bersifat non alkohol, lebih efektif membunuh bakteri, serta harganya terjangkau.

“Produk kami lebih efektif membunuh bakteri yang ada di tangan dibandingkan produk yang ada dipasaran,” kata Albet.

Albet juga menuturkan bahwa latar belakang dibuatnya inovasi ini didasarkan pada Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI). Dalam survei tersebut tercatat meningkatnya kematian balita di Provinsi Riau yang disebabkan oleh bakteri patogen yang penyebarannya melalui tangan.

“Dari hal itu perlu adanya inovasi hand sanitizer yang mengandung senyawa antibakteri yang salah satunya dapat diperoleh dari Chitosan yang berasal dari limbah kulit udang. Dimana pada saat ini hand sanitizer yang ada dipasaran merupakan hand sanitizer yang berbahan alcohol, padahal alkohol sendiri tidak baik bagi kulit kita,” terangnya.

Mengenai pengemasan, Albet menjelaskan bahwa CLUZER sendiri dikemas dengan botol berukuran 60ml yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana karena ukurannya yang tidak begitu besar. Sehingga dengan kemasan praktis tersebut dapat meningkatkan penjualan dari produk itu tersebut,” papar Albet.

Di akhir, Albet yakin bahwa CLUZER sangat berpotensial untuk dijual dipasaran karena harga yang murah yaitu Rp.8.000 untuk satu botol berukuran 60ml.

“Menurut pelanggan kami sendiri CLUZER sangat praktis dan aroma lemon yang begitu segar sehingga tidak perlu lagi untuk mencuci tangan lagi karena Efisiennya CLUZER,” pungkasnya. (ru/pih)

 

 

 

 

 

unair inovasi mahasiswa