Gubernur Kalteng: Palangkaraya Siap Jadi Ibukota RI

josstoday.com

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Pj Sekda Kalteng Fahrizal Fitri menerima cinderamata dari Tim Ekspedisi APPSI (foto: Rizki Dwi Putra)

JOSSTODAY.COM - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyatakan kesiapan Palangkaraya selaku ibukota Provinsi Kalteng untuk menjadi ibukota Indonesia kedepannya.

"Terkait wacana bahwa Palangkaraya menjadi ibukota Indonesia, insya Allah kami siap," ungkap Sugianto kepada Tim Ekspedisi dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) pada Jum'at (20/11).

Sementara Pj Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menyebut bahwa BAPPENAS dan Badan Informasi Geospasial sedang melaksanakan Kajian hingga akhir tahun ini tentang visibilitas Palangkaraya menjadi Ibukota Indonesia di masa depan.

"Secara geografis Palangkaraya tidak berada di cincin api sehingga tidak rentan gempa dan bencana lainnya, lanskapnya datar, berada diantara sungai-sungai besar dan lokasinya tepat berada di tengah Indonesia," ungkap Fahrizal.

Dalam rangka pengembangan potensi ekonomi di Kalteng untuk mempersiapkannya menjadi Calon Ibukota, Pemprov Kalteng membagi wilayahnya menjadi 3 Zona Pengembangan Potensi Ekonomi.

"Zona pertama di Wilayah Barat memiliki potensi industri berbasis sawit, industri berbasis metal perikanan tangkap dan pengembangan pelabuhan samudra. Kemudian zona kedua di tengah untuk pengembangan agro industri, budidaya perikanan dan kawasan perfilman Asia Tenggara. Terakhir Zona 3 di Wilayah Timur sedang dilakukan pengembangan tenaga listrik, industri berbasis hasil hutan dan karet," papar Fahrizal.

Selain fokus pada pengembangan industri di Kalteng, Pemprov Kalteng juga tetap fokus dan mempertahankan kelestarian hayati di Kalteng dengan mengembangkan potensi Taman Nasional Tanjung Puting sebagai pusat konservasi Orangutan terbesar, Taman Nasional Sebangau untuk Ekowisata dan Konservasi hayati di Pegunungan Muller Schwaner yang dikenal sebagai Heart of Borneo yang berbatasan dengan Malaysia dan Brunei. (is/pr)

APPSI PakdeKarwo