Wapres JK Serukan Perbaikan Nasib Petani Kopi

josstoday.com

Wapres RI Jusuf Kalla memimpin sidang Sustainable Development Goals (SDG) Summit di Markas Besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York, AS, Rabu (25/9/2019).

JOSSTODAY.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla (JK) menghadiri forum “Aksi Bersama Mengatasi Krisis Harga Kopi dan Mencapai Produksi Kopi Berkelanjutan” di Markas Besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat (AS), Rabu (25/9).

Dalam forum yang digelar bersamaan Sidang Majelis Umum (SMU) ke-74, Wapres JK menyampaikan krisis harga biji kopi telah menyebabkan kerugian bagi petani kecil.

JK menyatakan harga biji kopi dunia telah turun sampai 70 % sejak 1982. Salah satu penyebabnya sangat fundamental, yaitu kelebihan pasokan produksi biji kopi dunia.

“Saya ingin menggarisbawahi dua dampak utama dari krisis harga kopi ini. Pertama, petani kecil adalah korban yang paling dirugikan. Petani kecil, bukan industri atau pun konsumennya,” kata JK saat menyampaikan pernyataan Indonesia, seperti dikutip dari situs wapresri.go.id.

JK mengatakan dampak kedua adalah pekerjaan menanam kopi kini tidak lagi menjadi sumber penghidupan yang diminati, sehingga sejumlah petani kopi memutuskan beralih ke sektor lain. “Akibatnya akan memengaruhi keseinambungan pasokan kopi global,” kata JK.

Sangat Prihatin

JK mengungkapkan lebih dari 96% lahan kopi Indonesia dikelola oleh petani kecil. Itu sebabnya, ujarnya, Indonesia sangat prihatin dengan krisis tersebut karena pendapatan petani kecil justru menurun di saat keuntungan industri-industri besar kopi di dunia semakin meningkat.

“Lebih dari 25 juta petani kecil kopi di seluruh dunia berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Indonesia sendiri memiliki 1,8 juta petani kopi,” kata JK.

JK menambahkan Indonesia sebagai negara penghasil kopi, menyerukan negara-negara di dunia membuat terobosan baru untuk memperbaiki nasib produsen kopi di negara masing-masing. “Kita tidak bisa berdiam diri,” kata JK.

Berdasarkan data dari Organisasi Kopi Internasional (ICO) tahun 2018, Indonesia berada di peringkat ke-4 produsen kopi terbesar di dunia dengan memproduksi setidaknya 10 juta karung kopi per tahun. Peringkat pertama sampai ketiga secara berturut-turut adalah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. (fa/b1)

PBB Petani Kopi Produksi Kopi