Jokowi dan Mark Rutte Kompak Kenakan Batik

josstoday.com

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan PM Belanda Mark Rutte, sebelum pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin 7 Oktober 2019.

JOSSTODAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menyambut kunjungan Perdana Menteri Kerajaan Belanda Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (7/10/2019).

Tidak seperti biasanya, kali ini Presiden Jokowi menyambut tamu kehormatannya dengan mengenakan kemeja batik lengan panjang. Penampilan serupa juga dilakukan PM Mark.

Setiba di depan Istana Kepresidenan Bogor, kedua pemimpin langsung berjabat tangan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi memperkenalkan PM Mark kepada jajaran menteri Kabinet Kerja yang hadir, di antaranya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Setelah mengisi Buku Tamu Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi mengajak tamunya PM Mark untuk

berjalan di halaman Istana Kepresidenan Bogor sambil berbincang akrab. Selanjutnya, kedua pemimpin secara bersama-sama melakukan penanaman pohon Damar (Aghatis Dammara), yang kemudian melakukan pembicaraan empat mata di beranda belakang Istana Bogor.

Selama berada di Indonesia didampingi Penasihat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Ia juga akan menemui, antara lain, kalangan bisnis, pelajar, akademisi dan alumni perguruan tinggi Belanda di Jakarta. Rutte juga akan meresmikan Kedutaan Besar Belanda dan Erasmus Huis yang telah dimodernisasi, serta menghadiri perayaan ulang tahun ke 100 maskapai Belanda KLM.

Perdana Menteri Rutte terakhir berkunjung ke Indonesia pada November 2016. (fa/b1)

Presiden Jokowi Batik Baju batik