Wabah Virus Korona Ancam Target Produksi Apple

josstoday.com

Ilustrasi

JOSSTODAY.COM - Merebaknya wabah virus Korona di Tiongkok, telah mengakibatkan tindakan karantina dan pembatasan perjalanan.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa wabah virus korona saat ini melahirkan darurat kesehatan masyarakat atas keprihatinan internasional.

Kondisi berimbas ke berbagai sektor, termasuk rencana target produksi dan rantai pasokan Apple yang diperkirakan akan terpengaruh secara signifikan.

Pasalnya, sebagian besar basis produksi Apple, khususnya untuk perangkat iPhone dan AirPods, berada di daratan Tiongkok.

Laman Nikkei Asian Review menyebut rencana produksi beberapa produk Apple, kemungkinan dapat terpengaruh oleh situasi wabah virus Korona di Tiongkok.

Pasalnya, sejumlah pabrik perakitan utama milik Foxconn yang merupakan mitra utama Apple, berada di provinsi Henan dan Guangdong, yang lokasi berdekatan dengan episentrum wabah virus Korona di Wuhan.

Kondisi ini, disebutkan menjadi tantangan besar untuk produksi iPhone dan AirPods. Terlebih, Apple sendiri memiliki Apple Store yang cukup banyak di Tiongkok.

Foxconn sebelumnya telah memperingatkan karyawannya agar waspada. Selain itu, perusahaan juga telah meminta karyawan yang keluar kota untuk merayakan libur Tahun Baru Imlek, telah diminta untuk memperpanjang masa liburannya. (is/b1)

Virus Corona Corona Virus