Bima Arya Nilai Asman Cocok Pimpin PAN

josstoday.com

Asman Abnur ketika masih menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya saat kunjungan kerja ke Kota Bogor, Februari 2018.

JOSSTODAY.COM - Wakil Ketua Umum PAN Bima Arya Sugiarto memberikan dukungannya kepada Asman Abnur untuk menduduki Ketua Umum PAN menggantikan Zulkifli Hasan. Bima menilai Asman sosok lengkap, baik dalam pengalaman kepartaian dan eksekutif.

“Pak Asman sosok lengkap. Rekam jejak paling lengkap, lokal, nasional, eksekutif, legislatif, bendahara umum DPP, hingga Ketua Fraksi PAN,” papar Bima, Minggu (9/2/2020).

Bima juga menilai, Asman sebagai sosok pemimpin yang bijak dalam menanggapi dinamika politik saat ini.

“Jika terpilih, berharap pak Asman dapat membawa PAN menjadi lebih baik,” katanya.

Selain itu, Asman dinilai sebagai orang yang dapat membawa persatuan di internal PAN. Menurutnya, Asman akan merangkul berbagai pihak untuk membawa partainya berjaya di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Semua akan kami himpun, bergerak bersama sama. Karena Pak Asman ini sosok yang relatif sangat bisa diterima oleh semua pihak," katanya.

Bima pun belum memastikan, arah PAN ke depan pascaterpilihnya Ketum PAN, apakah oposisi atau berkoalisi bersama Pemerintahan Joko Widodo.

“Belum dipastikan, tergantung apakah sempat ada pembahasan itu,” kata Bima.

Diketahui, PAN akan memilih ketua umum periode 2020-2025 dalam Kongres V yang digelar pada 10-12 Februari mendatang. Ketua Steering Comittee (SC) Eddy Soeparno mengatakan bahwa pihaknya mulai membuka pendaftaran mulai Sabtu (8/2/2020).

Empat kandidat ketua umum yang disebutkan telah menyatakan maju adalah Asman Abnur, Mulfachri Harahap, Dradjad Wibowo, dan Zulkifli Hasan.

Bima Arya sebelumnya masuk di bursa calon Ketua Umum PAN. Namun, ia memilih mundur dengan alasan ingin memprioritaskan mengurus Kota Bogor. Bima mengakui sangat sulit membagi waktu antara menjadi kepala daerah dan ketua umum partai. (is/b1)

PAN Bima Arya Sugiarto