H-2 Idul Fitri, Jumlah Penumpang Kereta Api Lampaui Prediksi

josstoday.com

Para pemudik hendak memasuki kereta api Bangunkarta dengan relasi Surabaya - Jakarta melalui Stasiun Kereta Api Gubeng, Surabaya, Jumat (23/6/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM – H-2 hari raya Idul Fitri, jumlah penumpang kereta api dari Stasiun Gubeng dan Pasar Turi, Surabaya, telah melampaui jumlah yang sudah diprediksi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan jika h-2 memang sudah diprediksi akan menjadi puncak  arus mudik.

“Prediksi kita hari ini sekitar 32 ribu penumpang. Tapi, sampai siang tadi sudah 35 ribu penumpang,” ungkapnya saat ditemui langsung di Stasiun Kereta Api Gubeng, Surabaya, Jumat (23/6/2017).

Meskipun sudah melebihi prediksi. Namun, pihaknya tidak terlalu khawatir karena sudah dipersiapkan kereta api tambahan baik dari Stasiun Gubeng maupun Stasiun Pasar Turi. Di mana, terdapat tujuh kereta api tambahan yang dapat menampung 4.350 penumpang.

“Jadi, setiap hari ada sebanyak 45.016 penumpang yang dapat diangkut per harinya,” ujarnya.

Dari tujuh kereta tambahan tersebut, PT KAI lebih banyak menambah kereta dengan tujuan Jakarta, Bandung, dan DI Yogyakarta yang memang menjadi destinasi liburan terbanyak.

Dari pantauan wartawan Josstoday.com di Stasiun Gubeng. Terlihat masih terlihat ada antrian panjang di loket pembelian tiket, serta banyak yang harus duduk di lantai karena kapasitas kursi tunggu sudah penuh.

Lelaki yang kerap disapa Gatut ini menjelaskan jika puncak arus mudik ini selain terjadi di tanggal h-2 hari raya. Peningkatan volume penumpang akan terjadi di tanggal 2 Juli 2017 ketika arus balik.

“Kebetulan, kalo dari sini untuk keluar itu gak banyak. Tapi, lebih banyak dari luar kota yang masuk Surabaya, sehingga gak terjadi penumpukan penumpang yang berlebih,” jelasnya. (ais)

Hari Raya Idul Fitri PT KAI Stasiun Gubeng