Lewat Kenduri e-UKM, Siapkan UMKM Jawa Timur Go Digital

josstoday.com

Pakar Branding, Subiakto Priosoedarsono saat menyampaikan materi Branding. Foto : Eko (10/10/2017)

JOSSTODAY.COM - Ekonomi digital merupakan tantangan yang harus di hadapi oleh para pelaku UMKM di era saat ini. Berangkat dari itu, Asosiasi E- Commerce Indonesia (idEA) menggagas acara bertajuk kenduri e-UKM dengan tema " Transformasi Digital untuk UMKM".

Acara yang di gelar pada Selasa, (10/10/2017) bertempat di Ballroom Fave hotel tersebut diikuti oleh ratusan peserta pelaku usaha yang telah memasarkan produknya lewat online.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Aulia E Marianto saat memberikan sambutan pengantar mengatakan,Transformasi Digital untuk UMKM harus bersinergi dengan para pemangku kepentingan di daerah dan para stakeholder. Harapannya, program pendataan digital dan keberlanjutan program yang berkesinambungan bisa memberikan manfaat dan akselerasi kepada pelaku UMKM di daerah.

" Data hari ini baru sekkitar 6-7 % produk lokal ada di e-commerce atau marketplace. Dan idEA akan terus menginisiasi beberapa program jangka pendek dan jangka panjang agar sinergi dan sinkronisasi semua pihak untuk UMKM dapat terwujud" ujar Aulia saat memberi sambutan.

Hal itu dibenarkan oleh Suko Widodo, Direktur Jatim ISO tersebut membenarkan bahwa para pelaku UKM di daerah belum memaksimalkan e-commerce," Jatim ISO bisa menjadi solusi bagi UMKM Jatim untuk bertransformasi secara digital dan bersinergi dengan anggota idEA. Dan pada akhirnya nantu produk UMKM dapat dengan mudah dipasarkan secara online baik di Nasional maupun Globam" terangnya.

Senada dengan Suko, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi menyambut baik program Jatim ISO. Menurutnya, program tersebut sangat sesuai dengan visi dan misi pemerintah Jawa Timur yakni JATIMNOMIC's. Kedepan, Laki-laki yang akrab disapa Mas Pur tersebut berharap agar pelaku UMKM turut aktif dalam program Jatim Iso, agar nantinya UMKM Jawa Timur menjadi UKM AKIK ( Aktif, Kreatif, Inovatif, Komunikatif).(eko/pr)

e-commerce idEA Asosiasi Ekonomi Digital