Gus Ipul-Puti Pendaftar Pilgub Jatim Terakhir di KPU

josstoday.com

Bakal calon gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (kiri) dan pasangannya Puti Guntur Soekarno (kanan) berfoto bersama usai menyelesaikan pendaftara di KPU Jatim, Jl. Tegalsari, Surabaya, Rabu (10/1/2018). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Setelah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (KopDar) resmi menjadi kontestan Pemiliham Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Kali ini, duet Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno juga mendaftar ke KPU Jawa Timur, Jl. Tegalsari, Surabaya, Rabu (10/1/2018) malam.

Namun, sebelum mendaftar ke KPU, Gus Ipul (sapaan Saifullah Yusuf) dan Puti (sapaan Puti Guntur Soekarno) melakukan istighosa di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, sekaligus memperkenalkan Puti kepada keluarga besar PKB Jatim.

Usai dari situ, rombongan Gus Ipul bergeser ke kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan untuk melakukan deklarasi dan pemberangkatan secara bersamaan.

Perjalannya pun sama ramainya dengan duet KopDar, di mana Gus Ipul-Puti dibawa menggunakan becak di dampingi oleh tarian Barong dan musik patrol.

Tak hanya itu, Gus Ipul-Puti juga didampingi oleh Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, Walikota Surabaya Tri Rismharini, Bupati Sidoarjo Saiful Illah, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, serta ketua dan sekretaris partai pengusung.

Gus Ipul dalam sambutannya mengatakan, jika ini merupakan takdir dari tuhan yang memberi amanah pada keduanya untuk bersama-sama meningkatkan kemakmuran di Jawa Timru.

"Akhirnya, saya ditakdirkan bersama-sama mbak Puti untuk mengikuti pilgub jatim 2018. Ini benar-benar takdir bisa bersama dan didetik-detik terakhir juga diantar 4 parpol. Terima kasih pada PDI Perjuangan, PKB, PKS dan juga Gerindra," katanya.

Mentan menteri di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengatakan jika masih ada beberapa hal yang menjadi konsentrasinya.

"Selama 10 tahun bersama Pakde (sapaan gubernur Jatim, Soekarwo) saya mencatat adanya pertumbuhan ekonomi yang stabil. Inflasi terkendali pengangguran dibawah rata" nasional. Tapi, masalah penanggulangan kemiskinan yang masih diatas rata perlu diatasi," ucapnya.

Sementara itu, Puti Guntur Soekarno mengaku akan siap menjalankan amanah yang diberikan padanya sebagai petugas partai.

"Sudah takdir saya untuk bisa bersama-sama Gus Ipul maju dalam Pilgub Jawa Timur 2018. Saya sudah siap untuk mengabdi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur," ujarnya.

Di sisi lain, KPU Jatim telah menerima berkas-berkas pencalonan yang sudah lengkap dari kedua paslon. Setelah itu, para paslon menunggu selama satu minggu untuk verifikasi berkas. Di tengah itu, para calon akan mengikuti tes kesehatan di RSUD Dr Soetomo. (ais)
 

Pilgub Jatim 2018 Gus Ipul Puti Guntur Soekarno PDI Perjuangan PKS PKB Gerindra