Timnas U-19 Kalah Dihadapan Menpora

josstoday.com

Pemain Timnas U-19, Hanis Saghara (19) mendapat pengawalan ketat dari pemain Thailand, Kittitach Pranithi (6) dalam lanjutan pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora) Imam Nahrawi nampaknya tak membawa hoki bagi Timnas Indonesia U-19. Pada pertandingan penutup Grup A, Indonesia dipaksa menyerah oleh Thailand 1-2 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7/2018).

Di pertandingan yang tak mempengaruhi langkah Indonesia ke semifinal, Indra Sjafri melakukan rotasi pemain. Namun, penampilan pemain lapis di babak pertama tak begitu baik. Koordinasi permainan yang jelek membuat pemain-pemain Thailand dengan mudah mengantisipasi bola Indonesia.

Sebaliknya, tim tamu tampil begitu nyaman dalam melakukan penyerangan. Permainan umpan satu dua yang dilakukan pun berhasil mengelabui pertahanan Timnas. Bahkan Thailand berkali-kali mendapat peluang depan gawang yang dapat diantisipasi kiper Aqil Saviq.

Karena rapuhnya permainan, Indonesia pun kebobolan di menit ke-41 melalui tendangan jarak jauh Nattawut Chootiwat.

Usai turun minum, Indonesia langsung merubah strategi dengan memasukkan Witan Sulaiman yang menggantikan Aji Kusuma. Masuknya Witan memberi warna baru terhadap permainan Timnas.

Sayang konsentrasi yang terpecah membuat Timnas kembali kebobolan, usai umpan dari pemain kanan Thailand berhasil dimaksimalkan oleh Matee Sarakum menjadi gol di menit ke-50.

Gol kedua itu seakan menjadi cambukan bagi pemain Timnas untuk tampil menyerang. Indonesia pun mulai mencoba menyusun ulang strategi permainan. Akhirnya Indonesia membalas melalui Rifad Marasabessy di menit ke-84.

Gol itu memacu semangat pemain. Timnas langsung melakukan strategi pressing ketat sejak daerah pertahanan Thailand. Sayang, serangan bertubi-tubi yang dilakukan tak menghasilkan gol penyeimbang.

Pelatih Timnas, Indra Sjafri mengatakan jika timnya kurang fokus pada babak pertama sehingga mendapat serangan bertubi-tubi.

"Babak pertama kita kurang fokus banyak melakukan salah passing. Baru di babak kedua kita baru bisa keluar dari tekanan," ujar Indra usai pertandingan.

Meski kalah, Indra Sjafri tetap mengaku senang karena mendapat pelajaran baru sebelum ke babak Semifinal. "Ini menjadi pengalaman bermain yang baik bagi mereka (pemain)," jelasnya.

Dengan hasil ini, Thailand berhasil lolos dengan predikat juara grup dengan 13 poin, diikuti oleh Indonesia di peringkat kedua dengan 12 poin. Keduanya pun masih harus menunggu lawannya yang akan melaksanakan pertandingan terakhir grup B, besok (9/7/2018). (ais)

 

 

Piala AFF 2018 Indonesia Thailand Menpora