KPU Jatim Buka Tahapan Aduan Masyarakat

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Pasca merilis hasil penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan atas nama-nama Bacaleg yang terdaftar.

Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, menjelaskan jika tahapan ini untuk mencari informasi lebih dalam terkait sosok bacaleg melalui masyarakat.

Lebih lanjut, kata Arba, masyarakat dapat mencari tau para DCS melalui website resmi kpujatim.go.id, kemudian tempelan di papan pengumuman KPU serta melalui iklan yang dipasan melalui media.

"Jadi kami berharap ada tanggapan atau mungkin aduan dari masyarakat terkait caleg yang mungkin jauh sebelum ini melakukan tindakan yang berlawanan dengan PKPU bisa dilaporkan ke kami," ujarnya.

Ia mengatakan jika masa pengaduan dibuka hingga 21 Agustus. Di mana, masyarakat bisa melaporkan aduanya dengan cara datang langsung ke kantor KPU atau melalui E-mail, dengan syarat menyampaikan data lengka serta bukti. Baru, nanti akan dilakukan verifikasi oleh KPU ke Partai Politik serta Pengadilan Negeri tempat tinggal bacaleg. (ais)

Pileg 2019 KPU Jatim Bacaleg