Persaingan Petahana dan Artis, Dapil 1 Jatim Jadi Grup Neraka

josstoday.com

Ahmad Dhani menjadi salah satu kontestan Pileg 2019 di Dapil 1 Jatim.

JOSSTODAY.COM - Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Jawa Timur (Surabaya-Sidoarjo) untuk DPR RI kembali menjadi grup neraka pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Nama-nama petahana seperti Fandi Utomo (PKB), Arzeti Bilbina (PKB), Bambang Haryo Soekarto (Gerindra), Bambang DH (PDI Perjuangan), Indah Kurnia (PDI Perjuangan), Adies Kadir (Golkar), Sungkono (PAN) kembali meramaikan peta pertarungan Dapil 1 Jatim.

Tak hanya itu, nama-nama tenar seperti musisi Ahmad Dhani Prasetyo (Gerindra), mantan Wagub Jatim Puti Guntur Soekarno (PDI Perjuangan), musisi Andre Hehanusa (PDI Perjuangan), dan artis Manohara Odelia Pinot (Nasdem) semakin membuat persaingan akan menjadi ketat.

Menilai hal itu, pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdusalam mengatakan jika faktor banyaknya yang akan jatah di Dapil satu menbuat banyak nama yang mendaftar.

"Karena Dapil 1 kota besar, ibu kota provinsi, dan jumlah kursinya lebih banyak. Logikanya kalau menang di ibu kota provinsi kehormatan partai lebih kuat karena akses media dll," ujarnya saat dihubungi, Selasa (14/8/2018).

Selain itu, Rokim menilai jika masih panasnya Dapil 1 karena merupakan dapil titipan dari pusat untuk kadernya yang gagal di Pilkada.

"Dapil neraka ini tidak hanya untuk caleg, tetapi juga bagi pengurus DPD karena banyak titipan dari DPP Jakarta, dan harus jadi. Apalagi Dapil 1 menjadi pembuktian untuk menghibur calon-calon yang kalah di Pilkada," imbuhnya.

Karena itu, ia mengaku jika DPD akan bekerja keras memenangkan calon yang mendapat tugas dari DPP. Terlebih partai yang kalah di Pilkada akan semakin kerja keras untuk memenangkan pemilu. (ais)

Pemilu 2019 Caleg Dapil 1 Dapil Neraka