Kunjungi Kantor BPBD Jatim, Khofifah Minta Ada Antisipasi Dini Bencana

josstoday.com

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat melihat alat-alat yang dimiliki BPBD Jatim di Waru, Sidoarjo, Selasa (5/3/2019). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melakukan kunjungan ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Waru, Sidoarjo, Selasa (5/3/2019).

Kunjungan ini dilakukan untuk melihat kesiapan dari BPBD Jatim dalam menghadapi ancaman hingga bencana terjadi di Jatim.

Selain melihat kesiapan fasilitas yang ada, Khofifah juga bertemu dengan para relawan yang akan disebar di seluruh kabupaten/kota se-Jatim.

"Setelah ini, kita mesti lebih sering melakukan pertemuan untuk memunculkan kesepahaman bersama, karena perlu antisipasi secara dini, bersama-sama, dan komperhensif," kata Khofifah.

Ia meminta kepada seluruh pihal di dalam BPBD baik itu provinsi maupun yang ada dalam daerah untuk bekerja cepat untuk menanggulangi bencana. Utamanya sebelum terjadinya bencana.

Misalnya, menyiapkan titik-titik yang bisa menjadi sumber air jika terjadi kekeringan. "Sehingga, masyarakat gak perlu berjalan jauh untuk ambil air," kata Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga meminta perlu adanya pengembangan teknologi yang digunakan untuk mengetahui ancaman bencana.

“Harapannya kita juga dapat berkoordinasi dengan provider di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Sehingga, masyarakat di setkitar pesisir wilayah sepanjang Sungai Bengawan Solo bisa langsung tahu ketinggian airnya. Harapannya, informasi tentang bencana alam bisa dideteksi dan selalu diperbarui secara terus menerus,” pungkasnya. (ais)

Gubernur Jatim Khofifah Bencana BPBD Jatim