Jadi Sorotan, KRA Group Malaysia Undang Peneliti UNAIR Paparkan Politik Indonesia

josstoday.com

Pakar Komunikasi Politik UNAIR, Dr Suko Widodo (kanan) saat memaparkan kondisi politik Indonesia di Kantor KRA Group, Malaysia, Selasa (19/3/2019).

JOSSTODAY.COM - Kondisi politik Indonesia mendapat sorotan dari negara tetangga, seperti Malaysia. Untuk itu, KRA Group mengundang Pakar Komunikasi Politik asal Universitas Airlangga (UNAIR), Dr Suko Widodo, untuk memaparkan peta politik nasional, Selasa (19/3/2019).

Tak hanya kepada KRA Group saja, di Malaysia pria yang akrab disapa Suko itu memaparkan peta politik nasional di hadapan beberapa periset dari berbagai negara di Asia Tenggara. 

Dalam kontes politik di Indonesia, Suko menjelaskan, jika kehadiran kaum milenial memberikan warna dan pengaruh dalam menentukan atau memilih tokoh-tokoh politik untuk mewakili suaranya di parlemen.

Menurutnya, pada masa ini sudah terjadi perubahan di mana, kaum milenial memiliki prospek yang baik untuk menjadi penentu utama arah dan haluan politik nasional.

"Apalagi, saat ini dengan keberadaan teknologi akan dimanfaatkan untuk mencari informasi sebagai bahan pertimbangan memilih, serta menjadi sarana sebagai penentu arah politik nasional," kata Suko kepada Josstoday.com.

Selain membahas politik nasional, Suko mengaku jika dirinya juga menyampaikan kondisi politik di Jawa Timur yang semakin kondusif berkaca pada Pilgub 2018 lalu.

Sementara itu, Director of Strategy KRA Group, Amir Fareed Abdul Rahim menyambut baik paparan yang disampaikan oleh Suko. Bahkan, ia menjelaskan jika kondisi politik Indonesia dapat menjadi bahan baru dalam berdemokrasi di Malaysia.

"Kami banyak mendapatkan informasi akurat. Ini bisa buat bahan kami. Riset Suko jadi panduan kami melihat prospek politik masa depan Indonesia. Tidak hanya itu, kami banyak belajar dari praktik politik di Indonesia yang demokratis. Ada kebebasan berpendapat juga di sana," kata Amir Fareed Abdul Rahim.

Tidak hanya memberikan paparan, dalam kesempatan itu, KRA Group juga menawarkan kemungkinan kerjasama penelitian dan kajian media dengan Universitas Airlangga dan sejumlah lembaga di Indonesia. Dengan tujuan, untuk terus melakukan riset sebagai bahan perubahan berdemokrasi.

Sebagai info, KRA Group adalah public affair consultant and leading company untuk Asia Tenggara, yang memiliki kantor cabang di hampir semua Ibukota di Asia Tenggara.(ais)

Politik Indonesia KRA Group UNAIR Suko Widodo