Tim Balap Sepeda MTB dan BMX Jatim Borong Seluruh Emas Pra-PON

josstoday.com

Atlet nomor downhill putra Putra Rendy (kanan), dan atlet putri Putri Ayu Tria (kiri).

JOSSTODAY.COM - Tim balap sepeda Jawa Timur kembali berhasil menyapu bersih seluruh atau enam medali emas di nomor MTB Downhill, MTB Cross Country, dan BMX pada Kualifikasi Pra Pekan Olahraga nasional (PON) XX 2020 Papua.

Sebelumnya, tim balap sepeda membuka raihan dua medali emas dari nomor BMX melalui atlet putra atas nama Yussi Wakhidur Rizal, dan atlet putri atas nama Wiji Lestari dalam perlombaan yang diselenggarakan di International BMX Track, Pulo Mas, Jakarta, 6-7 Juli 2019.

Jawa Timur kembali berhasil meraih empat medali emas di ajang Pra PON MTB Cross Country dan Downhill di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, 18-20 Juli 2019.

Dua emas cross country berhasil diraih oleh atlet putra atas nama Angga Dwi Rahesta, dan Putri Dewika Mulya Sova di nomor putri. Sedangkan dua medali emas terakhir diborong dari nomor downhill yang diraih oleh atlet putra atas nama Putra Rendy, dan atlet putri atas nama Putri Ayu Tria.

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur, M.Nabil mengaku senang karena hasil yang ditorehkan tim balap sepeda MTB dan BMX melampaui target tiga emas.

" Secara positif latihan kita memang sudah berjalan terus dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Ketika balap sepeda diputuskan usia 21 kita sudah habis-habisan. Mulai dari seleksi orang-orangnya sampai tahapan program latihannya, dan sudah maksimal itu," kata Nabil.

Meski sudah mencapai hasil maksimal, Nabil mengatakan, tetap akan dilakukan evaluasi hasil secara keseluruhan. Menurutnya, masih ada waktu satu tahun yang bisa dimanfaatkan oleh daerah lain untuk bisa mengejar dominasi Jatim.

"Kita cek dulu berapa yang dipertandingkan di PON, kemudian lihat rival mereka siapa saja dan apakah itu sudah ditetapkan di PON. Serta, apakah (hasil) ini akan bertahan terus apa bisa ditingkatkan lagi. Sehingga, jarak antar waktunya bisa lebih jauh lagi,"  pungkasnya. (ais)

KONI Jatim Pra-PON PON XX 2020 Papua Balap Sepeda Jatim