Timnas U-19 Tutup Laga Uji Coba Dengan Kemenangan

josstoday.com

Pemain Timnas U-19, Braif Fatari berebut bola dengan pemain Persekabpas Pasuruan dalam laga uji coba di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (22/7/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Tim Nasional sepak bola Indonesia U-19 berhasil menutup laga uji coba terakhir dengan kemenangan. Adalah, Persekabpas Pasuruan yang menjadi korban ketiga dengan skor telak 4-0 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (22/7/2019).

Berbeda dengan penampilan sebelumnya yang kerap mendapat perlawanan dari Persibo Bojonegoro dan Deltras Sidoarjo. Kali ini, anak asuh Fakhri Husaini tampil lebih nyaman dengan dominasi yang ditunjukkan sejak awal pertandingan.

Karena mendominasi, Timnas U-19 berhasil meraih gol cepat melalui kaki Sutan Zico di menit ke-14 setelah meneruskan bola umpan dari Bagus Kahfi, yang mampu mengirimkan umpan tarik yang terukur. Bahkan, tiga menit berselang, Zico kembali mencetak gol dengan proses yang sama karena pergerakan Bagus di sisi kiri pertahanan Persekabpas.

Unggul 2-0 tak membuat Brylian Aldama dkk puas, malah Supriadi berhasil menambah keunggulan Timnas menjadi 3-0 yang lagi-lagi melalui proses serangan melalui sisi kiri pertahanan lawan.

Buruknya penampilan pertahanan Persekabpas mebuat Timnas berhasil mencetak gol keempat di menit ke-45, yang dicetak Rendy Juliansyah.

Usai turun minum, dominasi Timnas U-19 masih terasa dengan cukup bebasnya pergerakan bola disemua sisi permainan. Namun, karena evaluasi yang dilakukan tim Persekabpas untuk langsung membuang bola ketika berada di lini pertahanan, mampu meredam pergerakan bola Timnas ketika menyerang.

Meski mendominasi permainan tapi hingga pluit panjang ditupkan wasit Farid dari Sidoarjo tidak ada gol tambahan yang terjadi.

Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini mengatakan, pada pertandingan yang berlangsung kali ini permainan anak asuhnya berjalan dengan cukup bagus. Ia pun mengaku cukup puas dengan kinerja para pemain.

"Kami mengakui, jika tim kami sudah mampu menyesuaikan diri bagaimana harus bertahan dan bagaimana harus menyerang," kata Fakhri usai pertandingan.

Meski berhasil memenangkan seluruh pertandingan uji coba, namun Fakhri tidak ingin cepat puas karena masih ada evaluasi yang harus dilakukan sebelum keberangkatan ke Piala AFF U-18 2019 di Vietnam.

"Target utama kami sebenarnya ada di sana (Piala AFF). Jadi, kita tidak ingin cepat puas diri dengan hasil ini," katanya.

Hanya saja, dari hasil tiga uji coba ia mengaku cukup senang karena mulai ada perpaduan antar pemain. Serta ada begitu banyak pemain yang dapat mengisi kekurangan satu sama lain.

Ia berharap, masyarakat Indonesia ikut memberikan dukungan langsung maupun doa mengiri tim untuk bisa mempertahankan gelar juara yang sebelumnya diraih di Indonesia tahun 2018 lalu. (ais)

PSSI PSSI Jatim Timnas U-19 Persekabpas