Risma: Surabaya Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

josstoday.com

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (tengah) bersama dengan jajaran pengurus Asprov PSSI Jatim di Balai Kota Surabaya, Senin (26/8/2019).

JOSSTODAY.COM - Indonesia akan menyambut gelaran cukup besar sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Salah satu yang diproyeksi sebagai venues penyelenggaraan adalah Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dari delapan stadion di daerah lain yang akan digunakan.

Namun sebelum itu, Surabaya bersama daerah lain akan mengikuti proses bidding di FIFA beberapa bulan mendatang. Indonesia nanti akan berhadapan dengan Brazil dan gabungan antara Thailand-Myanmar yanng juga mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Meski bersaing dengan daerah dengan negara yang memiliki perkemabangan sepak bola yang baik, namun Surabaya memastikan diri siap menjadi tuan rumah.

"Kita akan bersaing dengan Brazil dan Thailand-Myanmar, tapi saya yakin dengan apa yang kita lakukan untuk Surabaya kita bisa memenangkan biding sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20. Kita akan figth menunjukkan bahwa Surabaya siap," kata Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat ditemui usai menerima audiensi dari Asprov PSSI Jawa Timur di Balai Kota Surabaya, Senin (26/8/2019).

Kesiapan itu, jelas Walikota yang akrab disapa Risma, ditunjukkan dengan sarana prasarana pendukung yang memadai seperti sudah tersedianya Stadion Gelora Bung Tomo dengan fasilitas lengkap, kemudian ada banyaknya lapangan pendukung untuk latihan, lingkungan yang mendukung, serta masyarakat yang begitu gila bola.

" Yang harus diperbaiki, karena saya belum pernah secara detil bagaimana venue standar internasional makanya nanti saya kirim staf ke GBK (Gelora Bung Karno, red) untuk memenuhi kekurangan di GBT. Kemudian kita punya waktu perbaikan di 2020, sambil saya menyelesaikan akses jalan utama di 2020 untuk ke stadion. Perencanaan sudah matang tapi ada waktu 1 tahun untuk memperbaiki kekurangan," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin mengatakan, bahwa pemilihan Surabaya sebagai salah satu venues yang digunakan merupakan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Karena itu, jauh sebelum dilakukan proses bidding dirinya maju ke Walikota untuk membahas bersama rencana yang akan dilakukan untuk mendukung proses bidding di FIFA.

"PSSI mengajukan diri jadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2021 dan membutuhkan 8 stadion utama serta beberapa stadion pendamping untuk latihan. Atas saran Presiden dan PSSI satu diantara 8 ditaruh di Surabaya yaitu di Gelora Bung Tomo. Sehingga kita membutuhkan dukungan Bu Risma selaku host city," kata Amir.

Saat disinggun mengenai keunggulan Surabaya. Amir mengatakan, jika Surabaya memiliki kultur sepak bola yang luar biasa sehingga menjadi satu indikator yang dapat mendukung Indonesia dapat menjadi tuan rumah. Bahkan, itu telah menarik perhatian Jepang untuk dapat mempelajari bagaimana pesatnya pertumbuhan kultur sepak bola di Surabaya.

"Kita punya kerja sama dengan Jepang kaitan sepak bola. Itu kaitannya sosial kemasyarakatan. Jepang ngasih anggarran ke kita hanya ingin bagaimana masyarakat di Jepang kayak di Surabaya yang di setiap warkop, disetiap pelosok bicara sepak bola," ujarnya.

Karena itu, pria yang berprofesi sebagai lawyer itu optimis dengan kerja sama yang baik dengan pemerintah dan seluruh masyarakat akan mengsukseskan proses bidding di FIFA nanti. (ais)

Piala Dunia U-20 2021 Asprov PSSI Jatim Walikota Surabaya Risma