PDI Perjuangan Jatim Gelar Fit and Proper Test Kepada 129 Bakal Calon

josstoday.com

Para calon mengikuti fit and proper test di Gedung DPD PDI Perjuangan Jatim, Surabaya, Rabu (18/9/2019).

 

JOSSTODAY.COM - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jawa Timur, mulai melaksanakan tahapan fit dan proper test terhadap kandidat calon kepala daerah yang akan maju melalui PDI Perjuangan.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi menjelaskan, jika kegiatan ini merupakan kewajiban dari partai untuk mencari siapa yang layak dipilih untuk mewakili partai dalam pencalonan kepala daerah.

"Ini bukan ujian, akan tetapi kami mau mendalami kesiapan dan kesungguhan para calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang akan berangkat dari PDI Perjuangan ini, kalau terus kemudian nanti mereka dipercaya oleh DPP PDI Perjuangan menjadi calon kepala daerah dari PDI Perjuangan," kata Kusnadi saat ditemui langsung di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Rabu (18/9/2019).

Ia menyebut ada tiga tahapan yang dilakukan dari fit and proper test kali ini. Pertama, pembekalan kepada partai. Kedua, menjawab pertanyaan tertulis, dan terakhir akan mengikuti tahapan wawancara.

Ketua DPRD Jatim itu mengatakan, jika materi yang akan digali pada tes ini adalah terkait potensi jaringan, dan kesiapan calon.

"Yang kita gali tentang kondisi keluarganya, kesiapannua, kemudian pemahaman dia terhadap PDI Perjuangan. Kan tidak mungkin kita mengajak orang di luar PDI Perjuangan," paparnya.

Setelah mengikuti fit and proper test, tim penjaringan akan menyerahkan berkas hasil tes kepada tim penjaringan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Saat di DPP berkas para calon akan di dalami kemudian akan di panggil untuk mengikuti tahapan tes ulang, serta akan dilakukan survey internal.

Sementara itu, tes ini diberlakukan selama dua hari sejak 18-19 September 2019. Di mana, dalam dua hari ini tes akan dilakukan kepada 129 calon. (ais)

Pilkada Serentak PDI Perjuangan PDI Perjuangan Jatim Kusnadi