G20 Akan Suntik Dana US$ 5 Triliun Atasi Dampak Covid-19

josstoday.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbicara pada forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Kamis (26/3/2020) malam.

JOSSTODAY.COM - Para pemimpin G20 berjanji menyuntikkan dana lebih dari US$ 5 triliun (sekitar Rp 80.000 triliun) untuk perekonomian global dalam rangka mengatasi berkurangnya pekerjaan dan kerugian pendapatan akibat virus corona. Pemimpin G20 juga berjanji melakukan apa pun untuk mengatasi wabah tersebut.

Kelompok ekonomi utama itu menunjukkan persatuan lebih dari sebelumnya sejak G20 dibentuk selama krisis keuangan 2008-2009. Dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) yang digelar secara virtual, Kamis (26/3/2020), para pemimpin menyatakan komitmen mereka untuk menerapkan dan mendanai semua tindakan kesehatan yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus.

“G20 berkomitmen untuk melakukan apa pun untuk mengatasi pandemi bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan institusi internasional lainnya,” sebut pernyataan kelompok itu.

Pernyataan mereka berisi bahasa yang paling mendamaikan selama bertahun-tahun tentang perdagangan, yaitu berjanji memastikan aliran pasokan medis yang penting dan barang-barang lain melintasi perbatasan, serta menyelesaikan gangguan rantai pasokan.

G20 menyerukan diakhirinya larangan ekspor yang diberlakukan banyak negara kepada pasokan medis, sebaliknya meminta agar tanggapan global bisa terkoordinasi untuk menghindari intervensi yang tidak perlu.

“Tindakan darurat yang bertujuan melindungi kesehatan akan ditargetkan, proporsional, transparan, dan sementara,” sebut mereka.

Para pemimpin G20 juga menyuarakan keprihatinan tentang risiko corona virus disease 2019 (Covid-19) kepada negara-negara yang rentan, khususnya di Afrika dan populasi seperti para pengungsi. Mereka mengakui perlunya meningkatkan jaring pengaman global dan sistem kesehatan nasional.

“Kami sangat berkomitmen untuk menghadirkan front persatuan melawan ancaman bersama ini,” tambah pernyataan mereka. (fa/b1)

KTT G20 Covid-19 virus corona suntikan dana