Jokowi Minta Semua Bansos Corona Sudah Diterima Masyarakat Pekan Ini

josstoday.com

Distribusi paket sembako oleh Kemsos di kawasan Manggarai, Minggu (3/5/2020).

JOSSTODAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pendistribusian bantuan sosial (bansos) yang merupakan program jaring pengaman sosial dapat diterima masyarakat secepat mungkin. Ia menegaskan dalam pekan ini, semua bansos corona sudah dapat diterima masyarakat.

"Tetapi saya minta kecepatan agar bansos ini sampai di tangan keluarga penerima betul-betul semakin cepat diterima semakin baik. Saya minta minggu ini sudah semuanya sudah bisa diterima," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) dengan pembahasan laporan Gugus Tugus Percepatan Penanganan Covid-19 melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (4/5/2020).

Meski ia sudah mendapatkan laporan dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bahwa program jaring pengaman sosial mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), paket sembako, bansos, bantuan langsung tunai (BLT) hingga dana desa sudah berjalan.

"Yang berkaitan dengan program jaring pengaman sosial. Saya tadi pagi sudah mendapatkan laporan dari Pak Menko PMK mengenai PKH, paket sembako, bansos tunai, BLT Dana desa sudah berjalan," ujar Jokowi.

Tidak hanya itu, Kepala Negara juga meminta Menteri Sosial Juliari Batubara bersama kepala daerah untuk turun ke lapangan menyisir warga miskin yang belum mendapatkan bansos tersebut.

"Saya minta Mensos juga gubernur, bupati, walikota, camat sampai kepala desa turun ke lapangan menyisir," terang Jokowi.

Untuk itu, ia meminta daerah diberikan fleksibilitas untuk mencarikan solusi bagi warga miskin yang belum mendapatkan bansos tersebut.

"Saya juga minta diberi fleksibilitas kepada daerah. Agar kalau ada warga yang miskin yang belum dapat segera bisa dicarikan solusinya," paparnya. (is/b1)

bansos covid-19 covid-19