HUT ke-538 Kota Bogor di Tengah Keprihatinan Pandemi

josstoday.com

Logo Hari Jadi Kota Bogo

JOSSTODAY.COM - Hari Jadi Bogor (HJB) tahun ini dipastikan tidak ada perayaan seperti tahun-tahun sebelumnya. HJB Kota Bogor yang memasuki usia ke-538 akan jatuh pada Rabu 3 Juni 2020 besok. Biasanya berbagai kegiatan bisa dinikmati, seperti heleran. Kini heleran terancam tidak dilaksanakan. Penyebabnya adalah belum normalnya aktivitas warga akibat pandemi virus corona (Covid-19).

“Untuk tanggal 3 Juni sidang paripurna tetap dilaksanakan. Teknisnya nanti bisa virtual atau tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Atep Budiman, Senin (1/6/2020).

Sementara untuk kegiatan seremonial masih menunggu keputusan pimpinan daerah. Pasalnya, Disbudpar menjadi bagian event seremonial belum diperkenankan membuat kegiatan yang sifatnya mengundang banyak orang. Jika ada, tentu akan diterapkan protokol kesehatan yang sudah disepakati jauh-jauh hari.

Namun kata Atep, jika kondisi normal dengan sejumlah kelonggaran, agenda HJB bisa saja dihelat beberapa bulan ke depan. Apalagi konteksnya menghidupkan kembali pariwisata dan budaya di Kota Bogor. “Kalaupun memang nanti ada, momentum bagi kita untuk menghidupkan lagi pariwisata dalam konteks temanya Hari Jadi Bogor masih memungkinkan. Bisa saja nanti di pertengahan Juni, atau di akhir Juli,” pungkasnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya menambahkan, HJB tahun ini memang harus melewati suasana yang sangat berbeda dibanding sebelumnya. Oleh karena itu, Bima berharap warga Bogor bersama-sama berdoa agar segera melewati situasi ini.

"Pertama kali sejarah Kota Bogor, HJB diadakan dalam suasana penuh dengan cobaan, ujian dan keprihatinan. Karena itu, tetap yang diambil adalah modal sosial Kota Bogor yang demikian besar. Kalau selama ini modal sosial diarahkan untuk pembangunan, perubahan, sekarang diarahkan untuk bangkit membantu saudara kita," tandasnya. (is/b1)

Bogor HJB Hari Jadi Bogor