8 Besar Dunia, Kasus Covid-19 di Meksiko Salip Inggris

josstoday.com

Petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di pagar Rumah Sakit Umum Mexico City pada 12 Juni 2020.

JOSSTODAY.COM - Kasus virus corona (Covid-19) di Meksiko pada Sabtu (12/7/2020) bertambah 6.094 sehingga total akumulasinya menjadi 295.268. Ini menjadikan negara itu di posisi deapan dunia menyalip Inggris dengan 289.603 kasus setelah ada 650 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Namun korban kematian akibat Covid-19 di Meksiko siap menyusul Italia dan segara berada di atas 35.000 pada Minggu (13/7/2020). Meksiko tercatat sebagai negara dengan total kematian tertinggi keempat di dunia, di Bawah Amerika Serikat (AS), Brasil, dan Italia menurut data Reuters.

Meksiko pada Sabtu mencatat 539 kematian tambahan sehingga menjadikan korban corona 34.730. Sementara Italia mencatat 34.945 kematian dan 242.827 kasus.

Di saat Italia telah menjinakkan virus, pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda melambat di Meksiko. Pemerintah menjadi sasaran kritik karena membuka kembali aktivitas ekonominya terlalu cepat.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Dunia Lampaui 13 Juta

Pihak berwenang Meksiko secara bertahap meningkatkan proyeksi total jumlah kematian total. Pada Juni, otoritas memperkirakan ada 35.000 kematian hingga Oktober. Namun pada awal Mei, perkiraannya hanya 6.000.

Korban kematian akibat corona per juta penduduk di Meksiko, yang jumlah populasinya sekitar 120 juta, adalah yang tertinggi ke-16 di dunia, menurut data perusahaan riset Statista.

Tetapi pejabat Meksiko mengatakan jumlah korban sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi karena pengujian terbatas. Analisis Reuters tentang data rumah duka pada bulan Mei mengindikasikan jumlah korban lebih dari dua kali lipat dari yang dilaporkan.

Wakil Menteri Kesehatan Meksiko Hugo Lopez-Gatell minggu ini mengatakan virus itu mulai melambat

Tetapi beberapa mantan pejabat mengkritik pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador karena lambatnya penanganan terhadap epidemi.

Mantan Menteri Kesehatan Salomon Chertorivski awal pekan ini mengatakan pemerintah telah membuka kembali perekonomian sebelum kriteria yang ditetapkan secara global untuk melakukan hal itu dipenuhi.

"Ada tiga variabel mendasar yakni pengurangan penularan dalam 14 hari terakhir, pengurangan kematian dalam beberapa hari terakhir, dan pengurangan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit," kata Chertorivski kepada surat kabar Mexico Reforma.

"Tidak satu pun dari ketiga parameter itu yang tercapai." (is/b1)

 

covid-19 Meksiko