Menpora: Kekayaan Alam Bisa Jadi Daya Tarik Wisata Olahraga

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan kekayaan sumber daya alam Tanah Air berpotensi menjadi daya tarik Indonesia sebagai tujuan pariwisata olahraga (sport tourism).

“Kita membicarakan tentang sport tourism, tentu ini menjadi penting sebagai bangsa dan negara yang kaya (akan SDA) dengan berbagai hal serta bisa dinikmati oleh siapa pun di Indonesia, begitu indah. Juga budaya yang beragam yang tidak kalah dengan negara lain. Sangat pantas Indonesia merupakan tempat tujuan pariwisata olahraga,” ungkap Menpora saat membuka webinar sport tourism bersama Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Kamis lalu (17/7/2020).

Dirinya menuturkan, kekayaan alam yang berlimpah bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebab, anak muda sebagai penggerak pariwisata olahraga harus dapat mengelolanya dengan baik agar bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Kempora, lanjut Zainudin, juga akan terus mengembangkan pariwisata olahraga atas dukungan Komisi X DPR.

Menurut Menpora, keragaman wisata alam baik gunung, laut, hingga laut, mendukung diselenggarakannya pariwisata olahraga ini. Tak hanya itu, wisatawan nantinya diharapkan bisa menyaksikan olahraga tradisional.

“Nah, masalahnya adalah kemampuan kita untuk mengemasnya. Misalnya, bisa mempromosikan paket wisata di situ secara luas. Tujuannya adalah Indonesia sebagai olahraga pariwisata. Saya harap kita bisa ada rekomendasi penting yang dihasilkan dari (webinar ini). Banyak contoh negara yang sudah mendorong itu,” jelas Menpora.

Hal serupa juga dinyatakan oleh Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Ia menginginkan dunia pariwisata dan olahraga secara bersama-sama memajukan sport tourism.

“Kalau saya boleh istilahkan, yaitu mengawinkan dunia pariwisata dan olahraga. Semua destinasi diharap bisa diselenggarakan sport tourism. Dengan itu, saya harap ada kompetisi-kompetisi nantinya dan semoga akan lahir atlet yang hebat,” ujarnya.

Pada webinar tersebut, Syaiful juga berbicara mengenai Piala Dunia U-20 2021. Ia pun mengajak anak muda untuk menjadi relawan dan mengampanyekan pertandingan sepak bola tersebut.

“Kita butuh percepatan, semoga Piala Dunia nantinya bisa sukses. Saya dorong betul libatkan anak muda hingga youtuber-youtuber untuk mengkampanyekan penyelenggaraan itu,” terangnya. (ba/b1)

Menpora Olahraga Wisata Olahraga