Rusia Siap Produksi 6 Juta Dosis Vaksin Covid-19 per Bulan

josstoday.com

Otoritas Rusia menyatakan vaksin Covid-19 kedua yang bernama EpiVacCorona, telah siap diluncurkan.

JOSSTODAY.COM - Rusia memperkirakan akan memproduksi antara 1,5 juta hingga 2 juta dosis per bulan dari bakal vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2020. Pada Minggu (23/8), Menteri Industri Denis Manturov mengatakan Rusia secara bertahap meningkatkan produksi hingga 6 juta dosis per bulan.

Seperti dikutip kantor berita RIA, pengujian skala besar dari vaksin, yang dikembangkan oleh institut Gamaleya Moskwa, akan dimulai di Rusia minggu depan.

Akhir pekan lalu, Rusia menyatakan vaksin Covid-19 kedua yang bernama EpiVacCorona siap diluncurkan. Vaksin dikembangkan di bekas pusat penelitian senjata biologi rahasia Soviet di Siberia, yang sekarang menjadi lembaga virologi terkemuka di dunia.

Vaksin EpiVacCorona sedang dalam proses pengembangan untuk menghindari efek samping dari vaksin pertama yakni Sputnik V. Uji klinis vaksin kedua ini akan selesai pada September 2020.

Efek samping Sputnik V termasuk pembengkakan, nyeri, hipertermia yakni suhu tubuh tinggi, dan gatal di tempat suntikan. Pelepasan Sputnik V disambut dengan skeptisisme luas mengenai kemanjurannya dan kemungkinan vaksin EpiVacCorona, juga akan diragukan.

Bulan ini, Presiden Vladimir V Putin dan pejabat lainnya mengumumkan bahwa satu miliar dosis vaksin Rusia untuk virus corona baru akan segera diluncurkan, yang konon mengakhiri pandemi terburuk dalam satu abad. (gus/b1)

Vaksin covid-19 Rusia Covid-19