Jokowi: Jakob Oetama Adalah Tokoh Bangsa

josstoday.com

Presiden Komisaris Kelompok Kompas Gramedia Jakob Oetama.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa duka mendalam atas wafatnya Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama dalam usia ke-88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, Rabu (9/9/2020). Jokowi melihat Jakob Oetama sebagai sosok yang bukan sekadar tokoh pers, melainkan tokoh bangsa Indonesia.

 “Saya sungguh-sungguh merasa kehilangan atas kepergian Bapak Jakob Oetama, hari ini, Rabu, 9 September 2020. Almarhum bukan sekadar seorang tokoh pers, pendiri dan pemimpin surat kabar Harian Kompas atau kelompok Kompas Gramedia, tapi adalah tokoh bangsa ini,” kata Jokowi yang dituangkan dalam akun instagramnya, @jokowi, Rabu (9/9/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingat Jakob Oetama sebagai seorang jurnalis sejati dengan semangat juang dan daya kritis yang tinggi. Jokowi menilai Jakob Oetama sebagai sosok pribadi yang memiliki pandangan bernuansa kemanusiaan.

“Ia selalu menyampaikan pandangan dan kritiknya itu dalam bahasa yang halus dan santun,” ujar Jokowi.

Jokowi mengucapkan terima kasih untuk warisan kebajikan dan jasa Jakob Oetama untuk dunia pers dan bangsa Indonesia.

“Selamat jalan Pak Jakob Oetama. Terima kasih untuk warisan kebajikan dan jasa almarhum untuk dunia pers dan bangsa ini. Semoga segala amal pengabdian almarhum mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan tetap kuat dan tabah,” tutur Jokowi.

 

Jakob Oetama Tokoh Pers