Presiden Lantik Enam Menteri Baru dan Wamen di Istana Negara

josstoday.com

Presiden Joko Widodo

JOSSTODAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju, periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Keenam menteri yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 133/P/Tahun 2020 Tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara KIM Periode 2019-2024 adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan), Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan), dan Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Sedangkan lima wakil menteri Kabinet Indonesia Maju yang diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76/M/Tahun 2020 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju, Tahun 2019-2024, adalah Letjen TNI Muhammad Herindra, Edward Komar Syarief Hiariez, Abdul Mu'ti, Dante Saksono Harbuwono, Harfiq Hasnul Qolbi, Pahala Nugraha Mansyuri.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Petrus Reinhard Golose. Petrus akan menggantikan Komjen Heru Winarko, yang pensiun sejak 1 Desember 2020. Presiden Jokowi juga mempercayakan Hartono sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG).

Sebelum melantik dan mengambil sumpah jabatan, Jokowi terlebih dahulu menanyakan kesediaannya kepada para menteri dan wakil menteri sebelum disumpah jabatannya

"Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing," tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab para menteri dan para wakil menteri.

Kemudian Jokowi melantik dan mengambil sumpah jabatan para menteri dan wamen.

"Bahwa saya akan setia kepada UUD RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa bertanggung jawab," kata Jokowi yang diikuti para menteri dan wakil menteri.

Setelah proses pelantikan selesai, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada 6 menteri dan 5 wamen yang baru dilantik. Prosesi pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan face shield dan tidak bersalaman. (fa/b1)

Resuflle perombakan kabinet presiden jokowi