Berlaku Nasional, Ini Proses Vaksinasi Covid-19 kepada Presiden Jokowi

josstoday.com

Presiden RI Joko Widodo?(tengah), saat di vaksinasi di teras Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 13 Januari 2020.

JOSSTODAY.COM - Pemberian vaksin Covid-19 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021) sesuai dengan petunjuk teknis vaksinasi yang juga nantinya berlaku secara nasional.

Presiden Jokowi mengikuti tahapan vaksinasi dengan melalui meja-meja yang sudah disediakan berserta masing-masing petugas. Berikut tahapan yang dilalui Presiden.

Di meja pertama Presiden mendaftarkan diri kepada petugas. Inilah meja petugas pendaftaran dan verifikasi. Di sini petugas memastikan sasaran menunjukkan nomor e-ticket atau KTP untuk dilakukan verifikasi sesuai dengan tanggal pelayanan vaksinasi yang telah ditentukan. Tampak Presiden memperlihatkan telepon genggam kepada petugas.

 

Meja kedua adalah meja petugas kesehatan yang melakukan anamnesa atau pemeriksaan untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid) serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana. Pemeriksaan meliputi suhu tubuh dan tekanan darah.

Vaksinasi Covid-19 tidak diberikan pada sasaran yang memiliki riwayat konfirmasi Covid-19, wanita hamil, menyusui, usia di bawah 18 tahun dan beberapa kondisi komorbid.

 

Di meja ini Presiden melakukan pemeriksaan tekanan darah dan mengukur suhu tubuh. Menurut petugas medis, tekanan darah Presiden Jokowi normal 120/67 mh dan suhu tubuh 36,1 derajat celsius.

Setelah itu, petugas medis menanyakan beberapa hal terkait penyakit yang pernah diderita Presiden Jokowi, mulai dari batuk hingga diabetes. Presiden menjawab tidak ada penyakit yang disebutkan petugas. "Hanya batuk kecil," ujar Presiden.

Selanjutnya, Presiden menuju meja ketiga yakni meja vaksinator. Petugas memberikan vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman. Sebelum penyuntikaan, petugas sempat menunjukkan boks berisi vial vaksin Covid-19 kemudian vial berisi vaksin yang akan disuntikkan kepada Presiden.

 

Selesai penyuntikan, Presiden mendapatkan kertas berupa memo yang akan diserahkan di meja berikutnya. Petugas meminta dan mengarahkan Presiden ke meja keempat dan untuk menunggu selama 30 menit.

Di meja keempat petugas menerima memo yang diberikan oleh petugas meja ketiga. Di sini petugas memasukkan hasil vaksinasi yaitu jenis vaksin dan nomor batch vaksin yang diterima masing-masing sasaran ke dalam aplikasi Pcare Vaksinasi.

Petugas memberikan kartu vaksinasi baik manual atau elektronik, serta penanda kepada Presiden yang telah mendapat vaksinasi. Kartu tersebut ditandatangani dan diberi stempel sebagai bukti bahwa Presiden telah diberikan vaksinasi.

Petugas mempersilakan Presiden untuk menunggu selama 30 menit. (fa/b1)

 

vaksinasi covid-19 covid-19 Jokowi