Potensi Longsor, Warga Dusun Brau Kota Batu Malang Dievakuasi

josstoday.com

Ilustrasi wisata puncak pandawa dusun brau batu malang

JOSSTODAY.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Malang, Jawa Timur meminta sejumlah warga Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu yang bermukim di kawasan terdampak tanah longsor akan dievakuasi. Mereka akan dievakuasi dan diminta mengungsi lantaran tanah di sekitar pemukiman warga diduga bergerak setelah alat pendeteksi dini bencana atau Early Warning System (EWS) Tanah Longsor pada Senin (1/1/2021) sejak siang hari sampai malam terus menerus berbunyi.

"Potensi ancaman longsor di RT. 4 RW. 10 Dusun Brau Desa Gunungsari karena Alarm Early Warning System (EWS) Tanah Longsor berbunyi pada hari Senin tanggal 1 Februari 2021 mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim, Selasa (2/2/2021).

Menurut Rochim Alarm Early Warning System (EWS) Tanah Longsor tersebut pada siang hari berbunyi dua kali dan pada malam hari mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB berbunyi 15 kali. Namun, setelah pukul 20.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB alarm EWS tidak berbunyi," kata dia.

"Dugaan awal hasil kaji cepat kemungkinkan terjadi gerakan tanah pada lokasi," ungkapnya.

Ia menjelaskan di daerah rawan longsor tersebut terdapat 15 Kepala Keluarga berada pada kawasan rawan longsor. Kata Rochim, ada tiga orang dalam satu kepala keluarga melakukan evakuasi mandiri mengungsi ke rumah orangtuanya, sedangkan 14 kepala keluarga belum bersedia dievakuasi dan masih bertahan tinggal di rumah masing-masing.

"Saat ini dilakukan kaji cepat lanjutan potensi ancaman longsor dan survey lokasi evakuasi dan pendirian shelter atau tempat pengungsian,"paparnya.

Rochim menyatakan evakuasi sementara akan dilakukan di lokasi aman dan tidak jauh dari rumahnya. "Evakuasi dilaksanakan saat terjadi cuaca hujan, alarm EWS berbunyi, atau adanya kebijakan perintah dari Sistem Komando Siaga Darurat Bencana untuk melakukan evakuasi," pungkasnya.

Longsor BPBD Kota Batu