Lewat Video, Aung San Suu Kyi Akhirnya Muncul di Pengadilan

josstoday.com

Aung San Suu Kyi (Foto: AFP)

JOSSTODAY.COM - Pemimpin sipil Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi menghadapi pengadilan pada Senin (1/3) melalui tautan video. Kehadiran Suu Kyi dilihat oleh pengacaranya untuk pertama kali sejak kudeta militer satu bulan lalu memicu protes tanpa henti dan besar-besaran.

Seperti dilaporkan CNA, penampilan Aung San Suu Kyi terjadi ketika para demonstran turun ke jalan lagi di seluruh negeri. Rakyat menentang peningkatan kekuatan dari junta yang pada hari Minggu (28/2) mengakibatkan hari kerusuhan paling mematikan sejak pengambilalihan pemerintahan.

“Aung San Suu Kyi tampak sehat saat sidang hari Senin,” kata pengacara Khin Maung Zaw, kepada AFP melalui telepon saat jeda dalam persidangan.

Pengacara Maung Zaw, Aung San Suu Kyi telah meminta untuk melihat tim hukumnya selama persidangan melalui tautan video.

“Tuduhan tambahan dari hukum pidana era kolonial Myanmar, yang melarang penerbitan informasi yang dapat "menyebabkan ketakutan atau kekhawatiran", diajukan terhadapnya selama persidangan,” kata Pengacara Min Min Soe.

Min Min Soe mengatakan sidang berikutnya akan dilakukan pada 15 Maret.

Aung San Suu Kyi ditahan di Naypyidaw, ibu kota negara, sebelum fajar pada hari kudeta, dan sejak itu tidak muncul lagi di depan umum. Dia dilaporkan menjadi tahanan rumah di Naypyidaw, satu kota terpencil yang dibangun militer pada masa kediktatoran sebelumnya. (fa/b1)

Aung San Suu Kyi Myanmar Kudeta Myanmar