Kilang Pertamina Balongan Terbakar Diduga karena Tersambar Petir, Ini Kata Polisi

josstoday.com

Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada Senin, 29 Maret 2021 dini hari.

Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri mengatakan penyebab pasti kebakaran kilang Pertamina di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat masih diselidiki. Diduga, ada kebocoran dan petir sebelum kebakaran terjadi.

“Mudah-mudahan api bisa segera padam. Sumber apinya belum bisa dipastikan hanya saja pada saat dalam penanganan kebocoran (kilang), terjadi petir yang menyambar,” kata Dofiri, Senin (29/3/2021).

Jadi apakah karena penyebab api adalah petir maka itu belum sepenuhnya bisa dipastikan. Dofiri saat ini telah berada di lokasi kejadian. Tim Puslabfor juga dikerahkan ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Proses olah TKP berlangsung setelah proses pemadaman dan pendinginan selesai dilakukan.

Seperti diberitakan, kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021), pukul 00.30 WIB.

Ada sekitar 500-an orang yang dievakuasi ke GOR dan pendopo kabupaten. Sebanyak lima orang tercatat luka berat dan 15 luka ringan.

Pertamina Balongan Polda jabar Kilang Pertamina