Nadiem Makarim: Sekolah Tatap Muka Harus Dimulai Sekarang, Bukan Juli

josstoday.com

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim

JOSSTODAY.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menegaskan, SKB 4 Menteri yang diumumkan pada Selasa (30/3/2021) lalu bukan mengatur sekolah tatap muka untuk dimulai pada tahun ajaran baru Juli mendatang. Sejatinya, SKB 4 Menteri itu meminta sekolah-sekolah yang sudah siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka secepat mungkin. Dimulai dari sekarang juga.

Hal itu diungkapkan Nadiem dalam Dialog Produktif "Rindu Pembelajaran Tatap Muka" yang digelar Media Center KPCPEN, Kamis (1/4/2021).

"Saya ingin meluruskan persepsi. Pembelajaran tatap muka itu diterapkan mulai sekarang, bukan menunggu hingga tahun ajaran baru. Ibaratnya, kita semua berlatih bersama-sama. Sekolah-sekolah yang sudah siap, bisa memulai pembelajaran tatap muka dari sekarang. Diharapkan, Juli nanti, semua sekolah sudah bisa memulai pembelajaran tatap muka terbatas," tutur Nadiem.

Untuk kesiapan sekolah, Nadiem mengungkapkan, faktor utamanya adalah guru yang sudah divaksinasi.

"Begitu guru-gurunya sudah divaksin, sekolah harus memberikan opsi tatap muka mulai sekarang. Kami menargetkan akhir Juni semua guru dan tenaga kependidikan selesai divaksin. Dengan begitu, pada Juli, semua sekolah sudah bisa memulai pembelajaran tatap muka," jelasnya.

Nadiem menjelaskan, saat ini, target utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah mengembalikan anak ke sekolah dengan pembelajaran tatap muka terbatas. Sebab, Indonesia cukup tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Pasifik. Sebanyak 85% negara di Asia Pasifik sudah mulai menggelar sekolah tatap muka.

Sementara di Indonesia, baru sekitar 20% sekolah saja yang mulai menggelar sekolah tatap muka.

"Dari Januari sebenarnya sudah boleh tatap muka, tergantung masing-masing pemda. Tapi banyak yang belum mau mulai. Kita harus bisa hidup bersama dengan virus ini. Enggak ada opsi lain. Oleh karena itu, kita mulai pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan ketat," ujarnya. (gus/b1)

Nadiem Makariem Sekolah Tatap Muka Mendikbud