Piala Eropa, 4 Kota Konfirmasi Siap Hadirkan Penonton ke Stadion

josstoday.com

Stadion San Mames di Kota Bilbao, Spanyol siap menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020. (Foto: AFP)

JOSSTODAY.COM - Sebanyak empat kota di Eropa, yakni Bilbao, Amsterdam, Bukares, dan Glasgow menyatakan, siap mendatangkan penonton ke stadion pada pertandingan Piala Eropa (Euro) 2020 yang akan berlangsung 11 Juni 2021 mendatang.

UEFA telah menetapkan batas waktu hingga 7 April 2021 kemarin, untuk sejumlah kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan Piala Eropa ini konfirmasi terkait kehadiran penonton. Presiden UEFA Aleksander Ceferin sebelumnya menegaskan, tidak akan memainkan pertandingan di stadion yang kosong.

Meski tengah terjadi gelombang ketiga penyebaran Covid-19 di Benua Eropa, yang dihadapi dengan peluncuran program vaksinasi, Spanyol telah mengumumkan 25 % dari kapasitas stadion di Bilbao disiapkan untuk penonton. Jumlahnya diperkirakan 13.000 orang.

Namun mereka juga memberi syarat terkait jumlah penonton tersebut, yakni jika sudah disetujui otoritas kesehatan setempat. Kemudian jika tingkat infeksi Covid-19 rendah, dan jika pihak rumah sakit tak kewalahan.

Pemerintah Skotlandia juga sudah mengumumkan, sebanyak 25% kapasitas Stadion Hampden Park bisa diisi penonton.

Sedangkan asosiasi sepakbola Belanda menyatakan, 12.000 penonton diizinkan hadir di Johan Cruyff Arena di Amsterdam.

Kemudian, Pemerintah Rumania menyatakan, 13.000 penonton bisa hadir ke stadion di Kota Bukares.

Kota London belum mengumumkan rencananya. Namun Pemerintah Inggris telah menyatakan, siap mencabut semua aturan pembatasan protokol Covid-19 pada 21 Juni mendatang.

Stadion Wembley di Kota London akan menghadirkan 21.000 penonton untuk ajang final Piala FA pada 15 Mei mendatang. Ajang ini bisa menjadi uji coba Inggris yang juga menjadi tuan rumah Piala Eropa.

Sedangkan pihak asosiasi sepakbola Irlandia mengatakan kepada UEFA, mereka belum bisa menjamin akan mendatangkan penonton pada pertandingan Eropa di Kota Dublin. Pernyataan tersebut membuat kemungkinan, Irlandia tidak akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Euro 2020. (fa/b1)

 

Piala Eropa Piala Dunia Euro 2000