Jelang KTT, Retno Marsudi Gelar Jamuan Makan Malam untuk Menlu ASEAN

josstoday.com

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi. (Foto: Istimewa)

JOSSTODAY.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi hari ini, Jumat (23/4/2021), akan menggelar jamuan makan malam untuk para Menlu ASEAN. Acara itu dilakukan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2021 yang akan digelar di Sekretariat ASEAN, Jakarta, besok, Sabtu (24/4/2021).

“Dalam pemahaman saya, ini bukan PTM (pertemuan tingkat Menlu), tapi jamuan makan malam, courtesy Ibu Menlu untuk mitra-mitranya,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah, Jumat (23/4/2021).

Faizasyah mengatakan jamuan makan malam akan diadakan di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jalan Pejambon, Jakarta Pusat. Pelaksanaannya dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Ini adalah acara jamuan makan malam oleh Ibu Menlu,” katanya.

KTT ASEAN akan digelar besok di kantor Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Mengenai kehadiran pemimpin ASEAN, Faizasyah tidak memberikan jawaban.

“Saya sudah meminta ASEAN Secretariat sebagai tuan rumah untuk memberikan keterangan, tentunya atas seizin Brunei selaku Ketua ASEAN,” kata Faizasyah.

Informasi dari Kemlu terkait KTT ASEAN 2021 masih minim, namun pertemuan tingkat kepala negara/pemerintahan ASEAN itu diperkirakan akan mengangkat topik tentang Myanmar.

Pimpinan junta militer Myanmar, Min Aung Hlaing, disebut akan menghadiri KTT ASEAN di Jakarta, berdasarkan informasi dari juru bicara untuk junta kepada Nikkei Asia, Rabu (21/4/2021). Tokoh lainnya yang akan hadir adalah Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin dan PM Kamboja Hun Sen.

Brunei Darussalam, selaku Ketua ASEAN 2021, juga sudah mengonfirmasi bahwa Sultan Haji Hassanal Bolkiah akan memimpin KTT tersebut. Namun, pernyataan resmi dari Brunei tidak menyebutkan topik pembahasan KTT ASEAN.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan PM Thailand Prayuth Chan-ocha disebut tidak hadir alias absen dalam KTT ASEAN besok. Sebaliknya, Duterte akan diwakili oleh Menlu Filipina, Teodoro Locsin Jr. Meskipun Duterte tidak hadir, Filipina menyatakan sangat mendukung pertemuan tersebut sekalipun tanpa kehadiran penuh dari 10 pemimpin ASEAN.

 

Menlu KTT ASEAN Retno Marsudi