Wiku Harap Tokoh Masyarakat dan Agama Bersinergi dalam Penanganan Pandemi Covid-19

josstoday.com

Wiku Adisasmito

JOSSTODAY.COM - Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah (pemda) dan Satgas Penanganan Covid-19 di daerah melalui posko tingkat desa dan kelurahan, untuk menindak tegas masyarakat yang masih berkerumun dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Diharapkan masyarakat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dapat bersinergi dengan pemerintah dan satgas daerah untuk mendukung upaya pengendalian di daerah," Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof  Wiku Adisasmito dalam keterangan pers virtual tentang Perkembangan Penanganan Covid-19, Selasa (27/4/2021).

Satgas Penanganan Covid-19, lanjut Wiku, sangat menyayangkan masih adanya kerumunan yang muncul dalam beberapa hari terakhir. Seperti adanya kegiatan dari para pendukung salah satu klub sepakbola nasional, dan berbagai kegiatan keagamaan yang dilangsungkan selama bulan suci Ramadan.

"Hal ini sangat disayangkan, karena hasil dokumentasi kegiatan tersebut sangat jelas menunjukkan adanya kerumunan ini melanggar protokol kesehatan dan berpotensi menjadi titik penularan Covid-19," kata Wiku.

Pemerintah terus berupaya dalam penanganan Covid-19 hingga pemberian vaksin yang dapat menciptakan kekebalan komunitas, sehingga Indonesia akan bisa terbebas dari pandemi.

Mengenai kebutuhan vaksin, kata Wiku, masyarakat diharapkan tidak khawatir ketersediaan vaksin karena pemerintah berusaha maksimal memenuhi kebutuhan vaksin di dalam negeri.

Ia mengatakan dengan masuknya vaksin Astrazeneca sebanyak 3,8 juta dosis pada 26 April 2021, telah menambah stok vaksin yang dimiliki pemerintah untuk dapat melaksanakan program vaksinasi nasional Covid-19 secara bertahap agar kekebalan komunitas dapat segera tercapai.

"Meski demikian, sekali lagi saya ingatkan, bahwa vaksin bukan sebuah formula ajaib yang serta merta mengentaskan pandemi. Selama kekebalan komunitas belum terbentuk, masyarakat tetap wajib menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Tidak ada alasan lalai menerapkan protokol kesehatan," pungkas Wiku. (is/b1)

Satgas Covid-19 Covid-19 Wiku Adisasmito Tokoh Agama Tokoh Masyarakat