Satgas Covid-19 Angkat Bicara tentang Penggunaan Rapid Test Antigen Daur Ulang

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, ditemukannya penggunaan swab antigen bekas atau daur ulang pada layanan rapid test Covid-19 di Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara menjadi perhatian Satgas Covid-19.

“Satgas Covid-19 prihatin karena masih saja ada orang yang sengaja melanggar SOP (standar operasional prosedur, red) yang pada prinsipnya dibuat untuk keamanan bersama,” kata Wiku pada konferensi pers daring tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia pada Kamis (29/4/2021).

Wiku mengatakan, saat ini oknum yang bersangkutan sudah menjalani proses hukum yang didukung penuh oleh pihak perusahaan pemilik testing kit tersebut.

Ke depannya, Wiku sangat berharap setiap elemen masyarakat maupun petugas di lapangan baik Satgas Covid-19 di wilayah bandar udara maupun Kantor Kesehatan Pelabuhan, agar secara bertanggung jawab dan bijaksana mentaati prosedur yang ada, yang didukung dengan monitoring yang ketat.

“Ingat kita saat ini dalam keadaan krisis kemanusiaan dan sangat tidak bijak jika masih ada saja yang memanfaatkan peluang tersebut untuk hal yang membahayakan keselamatan masyarakat,” kata Wiku. (is/b1)

Satgas Covid-19 Covid-19 Vaksin Sinovac Vaksinasi Covid-19 Antigen Antigen Daur Ulang