PBB: Akibat Konlik Israel-Palestina, 208 Orang Tewas dan 1.500 Terluka

josstoday.com

Anggota pertahanan sipil Palestina menyelamatkan seorang pria yang terjebak di bawah reruntuhan rumah yang hancur menyusul serangan udara Israel di Jalan Al-Wahda di tengah Kota Gaza, pada Minggu 16 Mei 2021. (Foto: Xinhua)

JOSSTODAY.COM - Sebanyak 208 orang tewas dan 1.500 orang lainnya terluka dalam satu minggu konflik Israel -Palestina. Pada Senin (17/5/2021), Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) melaporkan jumlah korban tersebut.

Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa 198 orang tewas - termasuk 58 anak-anak - dan 1.300 lainnya terluka dalam tujuh hari pemboman oleh Israel, yang berakhir pada siang hari waktu setempat.

“Israel melaporkan 10 orang tewas dan ratusan lainnya terluka oleh serangan roket Palestina yang diluncurkan dari Gaza,” tambah OCHA.

Lebih jauh, para aktivitas OCHA menyatakan lebih dari 42.000 orang terlantar mencari perlindungan di 50 sekolah di seluruh Gaza yang dioperasikan oleh badan PBB untuk pengungsi Palestina yang dikenal sebagai UNRWA.

Mengutip Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Gaza, OCHA melaporkan 94 bangunan hancur dan 285 unit rumah rusak parah dan tidak dapat dihuni. Mitra kemanusiaan Shelter Cluster melaporkan lebih dari 2.500 orang kehilangan tempat tinggal.

“Bangunan yang rusak termasuk 41 fasilitas pendidikan, termasuk sekolah, dua taman kanak-kanak, pusat pelatihan kejuruan UNRWA,” kata direktorat Kementerian Pendidikan dan fasilitas pendidikan tinggi, kata organisasi dunia itu.

Selain itu, empat rumah sakit Kementerian Kesehatan, dua rumah sakit non-pemerintah, dua klinik, satu pusat kesehatan, dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina juga rusak.

“Listrik di seluruh Gaza turun hingga enam hingga delapan jam sehari, rata-rata, dengan beberapa jalur pengumpan tidak berfungsi, mengganggu penyediaan perawatan kesehatan dan layanan penting lainnya, termasuk air, kebersihan dan sanitasi. Kebutuhan dukungan makanan dan uang tunai meningkat,” kata OCHA.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan mitra kemanusiaan menyediakan makanan dan non-makanan untuk keluarga pengungsi di Gaza dan bantuan tunai langsung kepada lebih dari 52.000 orang.

PBB juga memberikan sesi konseling psikososial jarak jauh untuk mereka yang mengalami trauma, meningkatkan kesadaran tentang meningkatnya risiko sisa-sisa perang yang meledak dan menilai kerusakan properti. (fa/b1)

 

Palestina Israel Konflik Israel Palestina Jalur Gaza Hamas