Menlu: PBB Umumkan Gencatan Senjata Israel-Palestina Berlaku Mulai Hari Ini

josstoday.com

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

JOSSTODAY.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah mengumumkan bahwa gencatan senjata antara Israel dan Palestina mulai berlaku hari ini, Jumat (21/5/2021) pukul 02.00 pagi waktu Palestina atau Israel. Keputusan itu diambil setelah seruan sejumlah negara atas situasi di Palestina dalam Debat Majelis Umum ke-67 PBB, Kamis (20/5/2021).

Menlu mengatakan setelah sesi debat umum, Presiden Majelis Umum PBB yang dipegang Turki, Volkan Bozkir, melakukan pertemuan khusus secara tertutup yang hanya diikuti para Menlu yang hadir dalam persidangan.

“Setelah pertemuan, sore hari waktu New York telah diumumkan gencatan senjata yang mulai berlaku sejak Jumat 21 Mei 2021, 02.00 pagi waktu Palestina atau Israel,” kata Retno dalam pernyataannya kepada pers secara virtual dari New York, pagi ini.

Menlu menyatakan pertemuan khusus tersebut bertujuan mengkonsolidasikan berbagai pandangan dalam sesi debat umum di sesi pleno dan merumuskan langkah ke depan. Pertemuan itu juga membahas kemungkinan gencatan senjata yang akhirnya sudah diputuskan.

“Dalam pertemuan para Menlu dengan presiden Majelis Umum, semua Menlu menekankan pentingnya tekanan diberikan agar negosiasi dapat segera dilakukan untuk mengatasi core issue (isu pokok) yaitu pengakhiran pendudukan,” kata Retno.

Menlu menegaskan setelah dilakukan gencatan senjata, selanjutnya harus ditekankan agar negosiasi segera dilakukan untuk menyelesaikan isu mendasar dari konflik Israel-Palestina. Menlu juga mendorong semua negara yang hadir dalam persidangan PBB agar memakai pengaruhnya untuk menyelesaikan isu mendasarnya yaitu penjajahan.

“Jika core issue tidak dapat diselesaikan, para Menlu yakin bahwa situasi serupa akan terulang lagi dan terulang lagi,” kata Retno.

Sidang pleno ke-67 Majelis Umum PBB kemarin membahas 2 agenda yaitu Agenda 37 mengenai situasi di Timur Tengah dan Agenda 38 mengenai isu Palestina. Menlu Retno berpartisipasi bersama 10 menlu lainnya dalam sesi tersebut yaitu Palestina, Turki, Pakistan, Arab Saudi, Qatar, Yordania, Kuwait, Maladewa, Algeria, Tunisia.

Setidaknya ada 103 negara dan organisasi internasional yang sudah dan akan menyampaikan pandangannya atas kedua agenda tersebut. (is/b1)

Menlu Retno Marsudi palestina Israel Genjatan Senjata