Dilantik Jokowi, Letjen TNI Ganip Warsito Resmi Jabat Kepala BNPB

josstoday.com

Presiden Joko Widodo

JOSSTODAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Ganip diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 79 P/Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip menggantikan Doni Monardo, yang akan memasuki masa purnabakti.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan dan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Ganip.

Selanjutnya, Ganip bersumpah bahwa dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab.

Seusai pengucapan sumpah jabatan, dikumandangkan Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya," yang diikuti penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Presiden Jokowi dan Ganip.

Ganip adalah seorang perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 23 November 1963.

Pada 26 Januari 2021, ia dilantik sebagai Kepala Staf Umum TNI dan pernah menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 ini berpengalaman di bidang infanteri. Ia juga pernah Pangdam XIII/Merdeka dan Asops Panglima TNI. (is/b1)

 

 

Jokowi Presiden Jokowi Ganip Warsito