Indonesia Kalah, Shin Tae-yong Sebut Wasit Ubah Permainan Timnas

josstoday.com

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

JOSSTODAY.COM - Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong kecewa dengan kepemimpinan wasit saat melawan Vietnam di pertandingan lanjutan Grup G babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dalam laga yang dimainkan di Stadion Maktoum Bin Rashid Al Maktoum, Selasa (8/6) dinihari WIB itu, Tim Garuda dipukul telak 0-4.

Menurut Shin Tae-yong, wasit mengubah ritme permainan Indonesia yang sebenarnya sudah tampil bagus di babak pertama.

Kekalahan ini membuat Indonesia gagal melanjutkan hasil bagus dari pertandingan sebelumnya ketika mengimbangi Thailand 2-2. Tae-yong mengaku terkejut anak asuhnya mendapatkan hasil buruk di laga melawan Vietnam.

Menurut Tae-yong, keberhasilan menahan Thailand membuat pemain Indonesia masuk ke dalam lapangan dengan kepercayaan diri bagus. Skor imbang tanpa gol di babak pertama membuat mereka makin optimistis bisa melanjutkan tren positif.

“Saya tidak menyangka hasil akhir akan seperti ini. Kami kalah, tetapi bermain dengan 100 persen. Saya ucapkan selamat kepada Park Hang-seo dan tim Vietnam atas kemenangan mereka,” ucap Tae-yong dinukil laman VN Express.

“Sebelum pertandingan, saya memperkirakan kedua tim mempunyai peluang yang sama. Saya masih menyimpan keyakinan itu di awal babak kedua. Tapi selanjutnya irama permainan berubah drastis. Ketika menangani Korea Selatan di Piala Dunia, saya tak pernah melihat perubahan drastis seperti itu.”

Tae-yong menambahkan, gol pertama yang dicetak Nguyen Tien Linh memberikan pengaruh terhadap psikologis pemain. Sebelum mencetak gol, bola muntah sepakan Tien Linh yang membentur Arif Satria sempat mengenai tangan penyerang Vietnam bernomor punggung 22 itu.

Kendati demikian, wasit asal Kuwait, Ahmad Alali tetap mengesahkan gol tersebut. Pemain Indonesia sempat melakukan protes, tapi wasit bergeming dengan keputusannya.

“Gol pertama terjadi setelah kami gagal mengantisipasi umpan panjang. Tapi sebelum melakukan penyelesaian akhir, tangan penyerang Vietnam sempat menyentuh bola,” sergah Tae-yong.

“Beberapa menit kemudian, salah satu penyerang kami terjatuh ketika memperebutkan bola. Wasit berdiri di dekat kejadian, tapi tidak mengambil tindakan apapun. Wasit membuat Indonesia kehilangan ritme permainan, mengubah permainan yang tidak pernah kami inginkan.”

Media Vietnam juga menganggap permainan timnas senior kasar, dan membahayakan tim besutan Park Hang-seo. Tae-yong menyatakan, ia tidak pernah memberikan instruksi seperti itu.

“Kami tidak meminta pemain bermain seperti itu. Tapi terkada pemain terlalu bersemangat. Di final SEA Games 2019, Indonesia kalah dari Vietnam, dan pemain kami tidak ingin mengulangi kekalahan itu,” ucap Tae-yong.

“Mungkin itu menjadi penyebabnya, karena mereka masuk ke lapangan dengan determinasi tinggi. Pertandingan ini memang lebih intens dibandingkan sebelumnya. Saya kira semangat juang itu bagus. (gus/b1)

 

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Timnas Indonesia Indonesia Vs Vietnam