Euro 2020: 12 Tim Lolos 16 Besar, 4 Tiket Masih Jadi Rebutan

josstoday.com

Selebrasi pemain Kroasia usai mengalahkan Skotlandia di Hampden Park, Rabu, 23 Juni 2021. (Foto: Paul ELLIS / POOL / AFP)

JOSSTODAY.COM - Sebanyak 12 tim sudah memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Eropa atau Euro 2020. Mereka adalah Italia, Belgia, Belanda, Wales, Denmark, Austria, Kroasia, Swiss, Cheska, Inggris, Swedia, dan Prancis. Masih ada empat tiket tersisa dan akan diperebutkan Grup E dan F.

Selain dua peringkat teratas yang lolos, empat tim peringkat tiga terbaik juga berhak melaju.

Sampai hari Rabu (23/6/2021) pagi, pertandingan terakhir grup tinggal menyisakan Grup E dan F yang akan bermain pada malam nanti pukul 23.00 WIB.

Meski demikian di Grup E, Swedia yang saat ini menjadi juara grup sudah memastikan lolos setidaknya mereka menjadi salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Sedangkan di Grup F yang baru memainkan laga terakhir Kamis (24/6/2021) dini hari sudah memastikan Prancis akan lolos.

Grup A
Tim lolos: Italia, Wales, Swiss (peringkat 3 terbaik)

Finlandia masih harus menunggu lolos sebagai salah satu dari empat tim posisi ketiga terbaik. Rusia tersisih.

Ukraina masih harus menunggu lolos sebagai salah satu dari empat tim posisi ketiga terbaik. Makedonia Utara tersisih.

Grup D
Tim Lolos: Inggris, Kroasia

- Cheska atau Republik Cek lolos setelah menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

- Skotlandia tersingkir usai kalah dari Kroasia 1-3 di laga terakhir grup.

 

Grup E
Slovakia (3) vs Spanyol (2), Swedia (4) vs Polandia (1)

Pertandingan terakhir Rabu (23/6) pukul 23.00 WIB
- Swedia akan lolos jika terhindar dari kekalahan melawan Polandia. Jika Swedia kalah dan pertandingan lainnya seri, Swedia, Slovakia, dan Polandia akan dibagi untuk tempat pertama hingga ketiga berdasarkan hasil antara ketiga tim. Jika Swedia kalah, mereka finis ketiga.
- Slovakia akan lolos jika mereka mengalahkan Spanyol, atau jika mereka seri dan Swedia tidak.
- Spanyol akan lolos jika mengalahkan Slovakia. Jika mereka seri, mereka akan finis ketiga kecuali Polandia menang.
- Polandia akan lolos ke peringkat kedua jika menang dan pertandingan lainnya tidak seri.
- Jika Slovakia, Swedia, dan Polandia semuanya finis dengan 4 poin (di depan Spanyol dengan 3), mereka akan dibagi berdasarkan selisih gol dari pertandingan antara tiga tim (dua tim pertama akan lolos, tim urutan ketiga juga dapat melaju tergantung pada rekor tim peringkat ketiga di grup lain).
- Dalam skenario itu, jika Polandia mengalahkan Swedia 1-0, dan Slovakia seri, urutannya adalah: 1 Slovakia, 2 Polandia, 3 Swedia (di atas Swedia dalam selisih gol dan untuk membagi dua hasil langsung mereka, kemenangan Slovakia, akan menerapkan).
- Jika Polandia mengalahkan Swedia 2-1, dan Slovakia seri, urutannya adalah: 1 Polandia, 2 Swedia, 3 Slovakia (Swedia dan Slovakia akan berada di belakang Polandia karena selisih gol dan untuk membagi dua hasil langsung mereka, kemenangan Swedia, akan menentukan).
- Jika Polandia mengalahkan Swedia dengan selisih satu gol lainnya, dan Slovakia seri, urutannya adalah: 1 Polandia, 2 Swedia, 3 Slovakia.

 

Grup F
Tim lolos: Prancis karena sudah memastikan jadi salah satu dari peringkat ketiga terbaik. Namun posisi klasemen masih menunggu pertandingan terakhir

Portugal (3) vs Prancis (4), Jerman (3) vs Hungaria (1)

Pertandingan terakhir Kamis (24/6) Pukul 02.00 WIB
- Prancis sudah lolos dan akan finis pertama jika menang, atau jika seri dan Jerman tidak mengalahkan Hongaria. Jika Prancis kalah dan Hungaria menang, tempat kedua akan ditentukan berdasarkan selisih gol secara keseluruhan.
- Jerman akan lolos jika terhindar dari kekalahan. Mereka akan finis pertama jika menang dan Prancis tidak. Jerman akan finis ketiga jika seri dan Prancis kalah, atau jika Jerman dan Portugal kalah.
- Portugal akan lolos jika terhindar dari kekalahan. Mereka akan finis pertama jika menang dan Jerman tidak. Portugal akan finis keempat jika kalah dan Jerman juga kalah.
- Hungaria akan lolos jika menang. Jika mereka menang dan Prancis kalah, tempat kedua akan ditentukan berdasarkan selisih gol secara keseluruhan. Hungaria akan finis ketiga jika mereka menang dan pertandingan lainnya seri.

 

Euro 2020 Piala Euro 2020 Tim 16 Besar