Jelang Wisuda, Departemen Manajemen FEB Unair Beri Pembekalan 74 Calon Wisudawan

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Jelang wisuda 26 Juni 2021, Departemen Manajemen FEB Unair memberi pembekalan bagi 74 calon wisudawan, Kamis (24/6/2021). Acara yang digelar secara daring ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair Dian Agustia, Kepala Departemen Manajemen Gancar C Premananto, dan Direktur PT Titian Kreatif Solutama Irfan Arif Abdillah sebagai pemateri.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair, Prof. Dian Agustia mengatakan, pembekalan wisudawan kali ini harus dilakukan secara online, karena terkendala wabah Covid-19. Meski demikian, dia meyakini esensi dari kegiatan ini tidak akan berkurang.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini Indonesia juga dunia masih bekerja keras untuk mengatasi pandemi global Covid-19. Sehingga Pembekalan Calon Wisudawan Periode Juni 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga masih dilakukan secara daring. Kita yakin bahwa hal tersebut tidak mengurangi makna dan subtansi dari kegiatan pembekalan ini,” ujarnya.

Dia mengaku bangga kepada para wisudawan yang tetap berjuang menyelesaikan studi di masa pandemi. Padahal, metode pembelajaran tidak terlaksana secara maksimal, karena tidak bisa tatap muka.

“Kami bangga pada kalian semua para wisudawan, yang tetap bersemangat, berjuang dengan keras untuk bisa lulus tepat waktu dan sesuai harapan, meskipun kita dalam masa pandemi Covid-19. Dimana mau tidak mau kita harus mengubah metode proses belajar mengajar baik pelaksanaan ujian UTS/UAS, perkuliahan, bimbingan tugas akhir, sidang skipsi, tesis, disertasi, workshop, hingga seminar, dari model tatap muka menjadi metode daring,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, pada April 2020 telah menerima Sertifikat Akreditasi Internasional ABEST21 (The Alliance on Business Education And Schoolarship For Tomorrow) untuk ke 13 program studi. Akreditasi tersebut melegitimasi semangat inovatif dan adaptif menghadapi segala tantangan yang selama ini sudah melekat di semua lini FEB UNAIR.

“Keberhasilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut semakin lengkap dengan diumumkannya QS World Rank tahun 2021 yang menempatkan Universitas Airlangga di peringkat TOP #465. Sebagaimana kita tahu bersama, bahwa di tahun 2016, Universitas Airlangga masih berada pada peringkat 824. Di Tahun 2020 mengalami peningkatan signifikan ke posisi 521-530 peringkat dunia dan peringkat 4 di Indonesia,” katanya.

Dia berpesan agar para wisudawan terus belajar dan bekerja keras meraih keberhasilan. Menyelesaikan studi di Universitas Airlangga tidak serta merta akan membawa kesuksesan di masa depan, tanpa diiringi kerja keras, disiplin, kreatif dan juga terus belajar tanpa henti dimanapun dan kapanpun.

“Tetaplah menjadi hebat dalam berperilaku dan berkarya, menjunjung tinggi nama besar almamater tercinta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Sebagaimana Motto UNAIR Excellence With Morality. Jadilah kalian generasi yang selalu memberikan yang terbaik di segala bidang yang digeluti dan menjaga integritas dimanapun berada.

Jadikanlah ilmu pengetahuan, setiap karya dan tugas bisa memberikan manfaat bagi semua orang. Tidak hanya untuk diri sendiri ataupun sebagian golongan saja. Dan tetaplah Tuhan YME, menjadi tujuan dari semua karya-karya tersebut,” pesannya.

“Kapan pun dan di manapun tetaplah menjaga komunikasi dan kerjasama yang harmonis dengan sesama alumni dan Almamater, melalui Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Agar antar alumni bisa saling mendukung dan menguatkan satu sama lain di berbagai lini kehidupan, dan kedepan bisa bersama-sama kami membangun Almamater Universitas Airlangga untuk generasi berikutnya,” imbuhnya.

Periode Juni 2021 kali ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis meluluskan total 292 wisudawan, meliputi 253 orang wisudawan S1, 27 orang wisudawan S2, dan 12 orang wisudawan S3. Dari departemen manajemen sendiri, ada 74 orang wisudawan diantaranya 56 orang wisudawan S1 Manajemen, 7 orang wisudawan S2 Magister Manajemen, 5 orang wisudawan S2 Magister Sains Manajemen dan 6 wisudawan S3 Doktor Ilmu Manajemen.

Sementara itu, Kepala Departemen Manajemen Gancar C Premananto menngingatkan, kata alumni jangan dipenggal menjadi alum nih, yang dalam bahasa jawa bermakna layu. Alumni Manajemen FEB Unair, harus terus semangat berkiprah dan berprestasi di bidangnya masing-masing. “Sukses memiliki perspektif dan dimensi yang beragam, yang menjadikan semua alumni dapat mencapai kesuksesannya dan mensyukuri kesuksesan tersebut, agar bertambah sukses lagi,” tuturnya.

Salah satu momen yang menarik dalam pembekalan kemarin adalah para KPS di Departemen Manajemen FEB Unair diberi tantangan membuat kalimat untuk quotasi bagi para alumni dengan tema buah-buahan. berikut adalah quotasi yang menyegarkan dari para Kepala Program Studi tersebut. [red]

Managemen FEB Unair Wisudawan Fakultas Ekonomi Titian Kreatif Solutama