Buat Podcast Orang Gila Bebas Covid-19, Deddy Corbuzier Disomasi PJS

josstoday.com

Deddy Corbuzier (kiri) merilis buku tentang milenial, di Gramedia Matraman, Jakarta, Sabtu 8 Februari 2020.

JOSSTODAY.COM - Artis Deddy Corbuzier dan komika Mongol Stress akhirnya disomasi pihak Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) terkait video podcast-nya berjudul 'Orang Gila Bebas Covid' yang tayang di channel Youtube pribadi Deddy Corbuzier. Hal itu diungkapkan J. Anam selaku penyintas skizofrenia atau orang yang pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) saat menggelar jumpa pers virtual, Rabu (30/6/2021).

"Kami Perhimpunan Jiwa Sehat dan organisasi masyarakat sipil mensomasi Deddy Corbuzier dan Mongol terkait video di channel Youtube mereka yang berjudul 'Orang Gila Bebas Covid'," ungkap J Anam.

Ditambahkan Anam, apa yang diungkapkan keduanya dalam perbincangan di podcast tersebut sangat menyesatkan masyarakat. Hal itu lantaran orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tidak ada hubungannya dengan kekebalan terhadap Covid-19.

"Pernyataan Deddy Corbuzier dan Mongol bertentangan dengan fakta dan sangat menyesatkan. Di mana ilmu pengetahuan dan logika berpikir yang disampaikan kepada Mongol sangat tidak beralasan. Di mana ODGJ sama dengan orang-orang pada umumnya yang juga rentannya untuk terkena Covid-19 sewaktu-waktu," lanjutnya.

"Bahkan berdasar dari hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal World Psychiatry menyatakan bahwa penyandang ODGJ memiliki risiko lebih besar terpapar Covid-19 bila dibandingkan non-ODGJ. Sehingga mereka juga sangat membutuhkan vaksin Covid-19 dan akses medis lainnya untuk pencegahan serta penyembuhan terkait dengan Covid-19," lanjutnya.

Atas pernyataan dan cemoohan itu, mereka berharap Deddy dan Mongol bisa meminta maaf atas video yang diunggahnya itu dan meminta mereka menarik unggahan video tersebut dari kanal Youtube Deddy Corbuzier dan media lainnya di media sosialnya.

"Kami berupaya serius untuk menghentikan sirkulasi konten, termasuk followers, sebagai kekeliruan, penghinaan, dan perilaku mengolok-olok terkait para penyandang ODGJ. Sehingga kami perlu memberikan somasi kepada keduanya sebagai bahan pelajaran bagi masyarakat agar tidak melakukan hal serupa," tegasnya.

"Kami akan menempuh jalur hukum apabila Deddy dan Mongol tidak melakukan tindakan yang diminta dalam waktu 6x24 jam sejak somasi dilayangkan hari ini. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada itikad baik dari Deddy Corbuzier dan Mongol untuk melaksanakan somasi ini, kami akan melakukan upaya hukum," tandasnya. (gus/b1)

Podcast Deddy Corbuzier Deddy Corbuzier ODGJ Perhimpunan Jiwa Sehat