Polri Siap Selesaikan Kasus Dugaan Penistaan Agama Muhammad Kece secara Profesional

josstoday.com

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono.

JOSSTODAY.COM - Polri terus menyelidiki kasus dugaan penistaan agama yang diduga dilakukan Youtuber Muhammad Kece. Polri menekankan bakal menyelesaikan perkara ini secara profesional.

"Masih dalam penyelidikan (kasusnya)," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Selasa (24/8/2021).

Sebelumnya Rusdi menyampaikan, Polri sangat memahami munculnya keresahan masyarakat, khususnya umat muslim pasca-munculnya video Muhammad Kece yang diduga berisi penghinaan dan penistaan agama, di akun Youtube. Sehingga dapat menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan terhadap kelompok tertentu.

"Tentunya penyidik Polri telah melakukan langkah-langkah, mengambil tindakan-tindakan kepolisian dengan mengumpulkan barang bukti yang relevan dengan peristiwa yang terjadi. Nanti dari barang bukti ini, penyidik akan membuat satu rekonstruksi hukum dari pada peristiwa yang terjadi," ungkapnya.

Rusdi menyampaikan, Polri akan menyelesaikan kasus ini dengan profesional. "Karena itu, pada kesempatan ini Polri mengimbau kepada masyarakat, pertama yakini bahwa Polri akan menuntaskan peristiwa ini secara profesional," katanya.

Kedua, tambahnya, masyarakat diimbau agar tetap tenang dengan adanya peristiwa ini, dan tidak melakukan tindak-tindakan kontraproduktif, apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Dan yang terakhir tentunya mari sama-sama kita sebagai anak bangsa bisa menjaga, merawat kebinekaan, karena kebinekaan adalah milik kita bersama," tandasnya.

Diketahui, Bareskrim Polri telah menerima laporan dengan Nomor LP: 500/VII/SPKT/ Bareskrim Polri, tanggal 21 Agusutus 2021. Selain itu, ada tiga laporan polisi yang juga dibuat masyarakat di beberapa Polda wilayah. Total ada empat laporan terkait kasus dugaan penistaan agama yang kini dikumpulkan dan ditangani Bareskrim Polri.

Akun MuhammadKece, bergabung dengan media sosial berbagi video Youtube pada tanggal 17 Juli 2020. Dia sudah mengunggah sekitar 451 video yang mayoritas berisi soal agama dan telah ditonton sebanyak 2.736.944 kali.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, dikabarkan telah memutus akses terhadap 20 video dari Akun Youtube Muhammad Kece diduga memiliki muatan penodaan agama dan/atau informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). (fa/b1)

Mabes Polri Penistaan Agama Muhammad Kece Youtuber Profesional