Soal IKN, Jokowi: Jadi Momentum Bangun Kota Sehat, Efisien dan Produktif

josstoday.com

Pradesain Istana Negara di ibu kota negara yang baru karya seniman patung Nyoman Nuarta. (Foto: Istimewa)

JOSSTODAY.COM - Saat menghadiri Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Jokowi menegaskan pembangunan IKN baru harus menjadi momentum untuk membangun sebuah kota yang sehat, efisien dan produktif.

“Secara fisik, pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur ini harus dijadikan momentum untuk membangun sebuah kota yang sehat, kota yang efisien, kota yang produktif,” kata Jokowi saat memberikan sambutan di Unpar, Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Ia ingin IKN baru ini dirancang sejak awal menjadi sebuah kota yang ramah lingkungan dan bebas polusi (zero emission). Dengan kata lain, warga yang tinggal di IKN baru tersebut bisa beraktivitas tidak menggunakan kendaraan bermotor, melainkan bisa menggunakan sepeda maupun berjalan kaki.

“Yang dirancang sejak awal. Dan warbanya ke mana-mana dekat, warganya ke mana-mana bisa naik sepeda, kemana-mana bisa jalan kaki, karena zero emission. Kota yang menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan yang berkelas dunia. Bayangan kita seperti itu,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan IKN baru merupakan bagian dari transformasi besar-besaran yang ingin dilakukan pemerintah Indonesia. Pembangunan IKN baru ini bukan semata-mata hanya memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan.

Melainkan, tujuan utamanya adalah membangun kota baru yang smart, kompetitif di tingkat global serta membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi negara Indonesia. Menuju sebuah Indonesia yang berbasis inovasi, teknologi dan green economy.

“Karena dari sinilah kita akan memulai. Jadi sekali lagi, Ibu Kota negara yang baru ini bukan sekedar kota yang berisi kantor-kantor pemerintahan. Tetapi kita ingin membangun sebuah new smart metropolis, yang mampu menjadi magnet, menjadi global talent magnet dan menjadi pusat inovasi,” terang Jokowi.

Karena itu, Jokowi mengharapkan kontribusi, tidak hanya dari keluarga besar Unpar, tetapi juga seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk mengambil bagian dalam pelaksanaan transformasi Indonesia ini.

“Memberikan kontribusi melalui SDM-SDM unggul, melalui inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui karya-karya nyata untuk kemajuan Indonesia,” ungkap Jokowi.

Ibu Kota Negara IKN Momentum Bangun Kota Sehat IKN Kota Sehat Dies Natalis Unpar Jokowi