Usut Kerangkeng Manusia, Komnas HAM Periksa Bupati Langkat di Gedung KPK

josstoday.com

Keberadaan kerangkeng manusia di belakang rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin di Desa Raja Tengah, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) mendapat perhatian dari warga sekitar.

JOSSTODAY.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memeriksa Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/2/2022). Pemeriksaan ini dilakukan Komnas HAM untuk mengusut temuan kerangkeng di rumah Terbit Rencana Perangin Angin.

"Betul. Siang ini diagendakan pihak Komnas HAM akan meminta keterangan dan informasi terhadap Bupati Langkat Sumut," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (7/2/2022).

Ali mengatakan, KPK akan memfasilitasi pemeriksaan yang dilakukan Komnas HAM terhadap Terbit Rencana Perangin Angin. Diketahui, Terbit Rencana Perangin Angin saat ini sedang ditahan KPK atas kasus dugaan suap proyek di Langkat.

"(Pemeriksaan) Bertempat di gedung Merah Putih KPK," kata Ali.

Diketahui, Migrant Care mengungkap adanya kerangkeng di rumah Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin. Kerangkeng tersebut diduga digunakan oleh Terbit Rencana untuk memenjarakan dan menyiksa para pekerja sawit di lahan miliknya. Migran Care pun melaporkan dugaan adanya perbudakan modern tersebut kepada Komnas HAM.

Kerangkeng Manusia Kerangkeng Bupati Langkat Bupati Langkat Komnas HAM Terbit Rencana Perangin A