Garuda Bandung Taklukkan Juara Bertahan di Playoffs Pertama

josstoday.com

Pemain Garuda Bandung Januar Kuntara (merah) berhasil melewati kawalan Mario Wuysang (putih) dalam pertandingan IBL Indonesia babak playoffs pertama di GOR Kertajaya, Surabaya, Jumat (31/3/2017)

JOSSTODAY.COM - CLS Knight Surabaya dipaksa mengakui keunggulan Bank BJB Garuda Bandung di babak playoff pertama IBL Indonesia di GOR Kertajaya, Surabaya, Jumat (31/3/2017). Garuda Bandung sukses mengalahkan CLS dengan skor 75-73.

CLS yang lebih diunggulkan mengawali pertandingan tidak begitu baik, Garuda langsung tancap gas dengan memimpin 9-0. Permainan yang rapi ditampilkan oleh Garuda yang dipimpin Difta Pratama, sukses membendung alur bola dari tim tuan rumah.

Setelah jauh ditinggal, CLS merubah permainan dengan mengganti Mario Wuysang dengan Arif Hidayat. Hasilnya cukup baik, CLS mampu memperkecil jarak menjadi 17-19 di kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, permainan Garuda menurun dan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pemain-pemain CLS. Sempat unggul 23-25, poin CLS kembali terkejar oleh Garuda yang menutup kuarter dua dengan 36-34.

Usai jeda istirahat, CLS bermain lebih garang melalui aksi Duke Crews yang mempesona seluruh penonton yang hadir dengan aksinya melakukan blok, dunk, dan lay-up. Sudah sempat unggul plus Garuda harus menarik keluar Chris Ware karena foul trouble, CLS  merubah strategi lagi dengan mengganti pemain inti dengan Isman Thoyib, Herman, dan Firman Dwi yang tampil kurang begitu sesuai strategi pelatih. Bahkan Garuda unggul 59-54.

Di kuarter pamungkas, permainan mulai memanas akibat tempo permainan yang meninggi dan riuh suara dari penonton yang hadir. CLS Knight sejatinya lebih diunggulkan menang apalagi mampu menjauh dengan skor 64-71. Namun, perjuangan yang tiada henti ditunjukkan tim tamu yang mampu mengejar dan menang dengan skor 75-73.

"Hari ini Garuda lagi on fire, sedangkan kita banyak melakukan kesalahan mendasar kayak shoot, rebound, dan lay-up. Dan besok ini tidak boleh terjadi, kita harus menang," ungkap pelatih CLS Wahyu Widayat Jati usai pertandingan.

Disisi lain asisten pelatih Garuda Bandung Ricky Dwi Tauri mengaku jika kesuksesan timnya tidak lain berkat fokus pemainnya yang terjaga hingga akhir pertandingan. "Pemain kami alhamdulillah bisa menjalankan game plane sejak awal, kemudian semangat mereka luar biasa malam ini mau jatuh-jatuhan, mau lari, dan yang utama adalah fokus. Kita di musim reguler selalu kehilangan fokus di kuarter akhir, tapi malam ini mereka sangat baik," katanya.

Kendati sukses menaklukan sang juara bertahan, dirinya mengaku masih ada beberapa hal yang patut dibenahi jelang playoffs kedua, Sabtu (1/4/2017). (ais)

IBL Indonesia CLS Knight Bank BJB Garuda Bandung