Tim DVI RS Polri Periksa 8 Kantong Jenazah Hari Ini

josstoday.com

 Tim DVI Rumah Sakit Bhayangkara Polri Raden Said Sukanto, memeriksa delapan kantong jenazah untuk mengambil sampel DNA, hari ini. Selanjutnya, tim menggelar rapat rekonsiliasi untuk menentukan apakah ada jenazah yang teridentifikasi.

"Hari ini pemeriksaan post mortem delapan kantong jenazah. Nanti sore kita lakukan rekonsiliasi, setelah itu akan diliris apakah ada yang terindentifikasi atau tidak," ujar Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polri Raden Said Sukanto Komisaris Besar Polisi dr Musyafak, di RS Bhayangkara Polri Raden Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (1/11).

Dikatakan, sistem pelaksanaan DVI adalah melakukan rekonsiliasi atau mencocokan antara hasil pelaksanaan ante mortem pengambilan data dari pihak keluarga dengan hasil pemeriksaan post mortem yaitu jenazah atau potongan korban yg dikirim.

"Dari hasil tersebut, jika ada kecocokan maka semuanya diambil. Sebagai contoh ante mortem sudah ada 152 sampel (dari 189) yang sempat kita ambil, jadi kurang 37. Artinya kita masih menungu keluarga yang membawa orang tua atau putra putrinya. Kemudian dari yang post mortem body part yang ada sejumlah 238 dan kita periksa DNA-nya. Dan hasil itu, jika ada kecocokan, itu yang namanya teridentifikasi," ungkapnya.

Ia menyampaikan, data ante mortem berjumlah 212 orang yang melapor hingga hari ini. Setelah diverifikasi ternyata ada laporan ganda, dan diduga hanya ada 189 diduga korban.

"Kita juga buka Posko di Bangka Belitung, dan bahkan kalau ada korban tinggal di daerah lain misal Surabaya, kita juga buka di sana. Karena kita punya bidang kedokteran dan kesehatan yang ada di Polda Jatim, Jateng dan sebagainya. Kita berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk memudahkan dari pihak keluarga," katanya.

"Jadi setiap hari dikirim dari Bangka Belitung dan langsung ke Laboratorium DNA Pusdokkes Polri yang di Cipinang. Jadi semua pemeriksan DNA itu dilaksanakan di sana. Karena kita memang punya Laboratorium DNA, di Pusdokes Polri yang menangani seluruh sampel-sampel dari daerah," tandasnya. (gus/b1)

Pesawat Lion Air hilang kontak Pesawat Lion Air jatuh