Polda Tambah Personel Khusus Amankan Final Piala Presiden 2019

josstoday.com

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat ditemui di Polda Jatim, Surabaya, Senin (8/4/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Polda Jawa Timur menyiapkan pengamanan khusus untuk mengamankan jalannya final Piala Presiden 2019 yang bertajuk Super Derby Jatim antara Persebaya Surabaya. Di mana final leg pertama akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4/2019). Sedangkan leg kedua akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (12/4/2019).

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan menggatakan, selain pasukan khusus pihak kepolisiam juga menambah jumlah personel menjadi 3.500 personel.

"Persiapan keamaanan di Surabaya, kami akan mengerahkan 3.500 personil yang biasanya kami siapkan hanya 2.200 personil," kata Kapolda saat ditemui di Polda Jatim, Senin (8/4/2019).

Ia menjelaskan, penambahan personil ini sangat penting mengingat ada sejarah dualisme kedua tim. Karena itu, setiap titik baik itu di dalam maupun luar lapangan akan ditempatkan ekstra personel.

Bahkan, mulai nanti malam kepolisian akan menggelar razia kepada suporter yang akan memasuki area stadion. "Kesiapan yang kita lakukan adalah persiapan sarana dan prasarana. Serta, hari ini kita akan melakukan razia kepada suporter yang bertiket atau suporter yang tidak memiliki niatan nonton bola," jelasnya.

Sementara itu, terkait suporter Kapolda yang akrab disapa Luki itu mengatakan, dengan alasan keamanan jika kepolisian dan panpel sepakat untuk tidak mengizinkan suporter lawan untuk hadir di stadio.

Ia pun berharap, agar suporter dapat menyaksikan pertandingan dengan baik tanpa nyanyian rasis dan kericuhan. Sehingga, harapan sepak bola yang lebih baik dapat terwujud. (ais)

Piala Presiden Persebaya Arema Polda Jatim