Juara Piala Liga, Manchester City Dekati Rekor Liverpool

josstoday.com

Para pemain Manchester City merayakan sukses menjuarai Piala Liga setelah di final menundukkan Aston Villa, 2-1, di Stadion Wembley, 1 Maret 2020.

JOSSTODAY.COM - Manchester City hampir menyamai rekor Liverpool sebagai juara Piala Liga setelah menyabet trofi ketujuh mereka dalam kejuaraan tersebut dengan menjuarai musim ini.

Dengan sukses musim ini, Manchester City berarti telah menyabet tujuh gelar juara Piala Liga. Sementara Liverpool masih memegang sebagai tim paling sering menjadi juara Piala Liga yakni delapan gelar. Aston Villa yang menjadi lawan Manchester City di final tahun ini berada di urutan ketiga tim yang paling sering menyabet trofi kejuaraan ini yakni lima kali.

Manchester City menjadi juara setelah menundukkan Aston Villa, 2-1, di Stadion Wembley, Minggu (1/3/2020) atau Senin dini hari WIB. Pasukan Pep Guardila berhak mengangkat trofi tahun ini melalui dua gol yang dicetak dalam waktu berselang 10 menit yang dilesakkan Sergio Aguero (20) dan Rodri (30). Aston Villa sempat membalas lewat aksi Mbwana Samatta pada menit ke-41. Ini merupakan sukses ketiga secara beruntun Manchester City menjadi kampiun kejuaraan ini.   

Kemenangan atas Villa tak ubahnya menjadi ajang penegasan dominasi Man City dalam kompetisi tersebut sepanjang satu dasawarsa terakhir.

Man City meraih trofi Piala Liga keempatnya dalam lima tahun terakhir sekaligus kelima dalam tujuh musim belakangan.

Kini The Citizens sudah mengoleksi tujuh trofi Piala Liga di lemari mereka, sekaligus mendekati torehan Liverpool yang punya delapan trofi tersebut di Anfield.

Selaku pemenang Piala Liga, Manchester City memastikan satu tiket ke Liga Europa musim depan sesuatu yang mungkin tidak berguna mengingat di klasemen Premier League mereka menempati zona Liga Champions.

Hanya saja, Manchester City mungkin harus melupakan asa tampil di Eropa menyusul hukuman pelanggaran aturan kepatutan finansial (FFP) yang membuat mereka dihukum UEFA tak boleh tampil di kompetisi antarklub Benua Biru tersebut.

Berikut daftar juara Piala Liga Inggris dalam satu dasawarsa terakhir:

2019/20 Manchester City
2018/19 Manchester City
2017/18 Manchester City
2016/17 Manchester United
2015/16 Manchester City
2014/15 Chelsea
2013/14 Manchester City
2012/13 Swansea
2011/12 Liverpool
2010/11 Birmingham

Berikut daftar juara terbanyak Piala Liga Inggris sepanjang masa:

8 - Liverpool
7 - Manchester City
5 - Aston Villa, Chelsea, Manchester United
4 - Nottingham Forest, Tottenham Hotspur
3 - Leicester City
2 - Wolverhampton, Norwich City, Arsenal, Birmingham
1 - West Bromwich Albion, QPR, Leeds United, Swindon Town, Stoke City, Oxford United, Luton Town, Sheffield Wednesday, Blackburn Rovers, Middlesbrough, Swansea

Piala liga liga inggris Manchester City