Mikel Arteta "Naik Pangkat" di Arsenal

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Mikel Arteta mendapat "penghargaan kenaikan pangkat" di Arsenal. Ia tidak lagi disebut sebagai pelatih kepala Arsenal, tetapi sebagai manager tim utama. Ini lakukan menyusul kesuksesannya mengangkat klub itu dari keterpurukan dalam tempo sembilan bulan sejak ia ditunjuk sebagai pelatih. Gelar ini disemat juga karena ada perubahan struktur di klub itu.

Arsenal mengubah penyebutan nama untuk pelatih sejak kepergian Arsene Wenger pada 2018. Selama 22 berkuasa, Wenger disebut sebagai manager tim utama. Namun sejak ia pergi, sebutan untuk pelatih klub itu adalah pelatih kepala.

Pelatih kepala pertama yang direkrut Arsenal menggantikan Arsene Wenger adalah Unai Emery. Pelatih asal Spanyol ini kemudian dipecat pada 2019 yang kemudian digantikan oleh Mikel Arteta. Mantan kapten Arsenal ini diangkut dari Manchester City ketika ia masih menjadi asisten pelatih Pep Guardiola.

Sempat diragukan, Arteta memperlihatkan kinerja yang ciamik. Pengaruhnya cukup besar di klub itu. Ia membawa tim asal London Utara tersebut menjuarai Piala FA sekaligus membawa mereka bermain sejak babak kualifikasi Liga Europa musim 2020-2021. Pada awal musim ini, dia juga membawa anak asuhnya meraih trofi Community Shield setelah mengalahkan jawara Liga Utama Inggris musim 2019-2020, Liverpool, lewat adu tendangan penalti.

Capaian ini membuat manajemen tim mengembalikan posisi Arteta sebagai manager tim utama. Selain juga karena ada perubahan struktur di klub itu dengan perginya Raul Sanllehi, yang lama menjabat sebagai kepala sepakbola dan bertugas mencari bakat-bakta muda, serta penunjukan Vinai Venkatesham sebagai CEO.

Dengan posisi barunya, Arteta akan bekerja lebih dekat dengan direktur teknik, Edu yang juga mantan pemain klub tersebut. "Sembilan bulan terakhir menjadi bulan-bulan penuh tantangan sepanjang sejarah Arsenal. Namun, Mikel Arteta mampu membawa klub ini tetap maju," kata Vinai Venkatesham yang sebelumnya menjabat sebagai direktur pelaksana sebagaimana dikutip dari Sky Sports.

Dilanjutkan, "Ia (Mikel Arteta) mengangkat semangat dan energi semua orang di London Colney dan pendukung Arsenal di seluruh dunia. Ia melakukan pekerjaan yang sungguh fenomenal. Selain itu, sejak hari pertama tiba di klub ini, ia melakukan jauh lebih banyak dari pelatih kepala kami sebelumnya. Karena itulah kami mengubah nama jabatannya."

"Ia naik pangkat dari pelatih kepala menjadi manager tim utama. Ini adalah sebuah pengakuan atas apa yang sudah ia kerjakan sejak hari pertama tiba di klub ini. Sebutan ini juga karena memang dia memiliki kapabilitas untuk gelar tersebut," tutup Venkatesham. (is/b1)

Mikel Arteta Arsenal